1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    16 November 2015 13:02

    4 Trik Agar Anak Tidak Rewel di Restoran

    Ada beberapa cara agar anak ikut bahagia ketika bepergian dengan Anda.

    Feed- Orangtua memiliki tanggung jawab yang sulit untuk membuat anak nyaman dengan sekelilingnya. Karena biasanya anak merasa risih dan akan menangis bila ada di lingkungan yang baru. 

    Bila sudah merasa tidak nyaman, anak akan rewel dan akhirnya merepotkan orangtua. Untuk itu, anak harus dilatih untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda seperti di tempat umum. Berikut ini beberapa cara agar ia tetap merasa nyaman kala berada di fasilitas publik seperti dilansir dari Familyshare.

    via: newdadmanual.ca

    1. Ajak berkeliling
    Dalam dunia anak-anak, tempat asing yang belum pernah dilihatnya akan terasa tidak nyaman. Bila ia sudah menunjukkan gejala gelisah kala memasuki sebuah restoran, ada baiknya Anda mengajak ia berjalan-jalan berkeliling ruangan itu. Contohnya, ajak ia mencuci tangan dan tunjukkan isi ruangan, dekorasi, atau pun meja-kursi yang ada di situ. Kemudian beri pengertian bahwa seusai berkeliling ia akan makan bersama Anda.

    Cara ini lebih efektif dibanding dengan mengikatnya di atas baby chair. Dalam sudut pandangnya yang mini, orang-orang dewasa dan suasana asing di sekelilingnya akan nampak menakutkan.

    2. Bawa "perlengkapan tempur"
    Bawalah selalu tas bayi yang berisi perlengkapan yang membuatnya nyaman dan sibuk. Anggap saja tas tersebut sebagai kelangsungan hidupnya. Tas tersebut berisi popok, susu, baju ganti, krayon, mainan, dan semua hal yang bisa menyenangkannya. Pastikan kebutuhan anak terpenuhi di dalam tasnya. 

    via: dailymail.co.uk

    3. Aktif berkreasi
    Jangan pernah meremehkan rasa penasaran anak. Ketika berada di lingkungan baru tentu anak akan penasaran dengan yang ada di sekelilingnya. Maka jangan mengurung anak di kursi sampai dia bosan. Kenalkan situasi sekitar agar anak nyaman.

    Misalnya, buatlah suatu kerajinan tangan untuk si anak agar ia terbebas dari rasa bosan. Kuncinya adalah bahasa tubuh dan nada bicara Anda. Bila Anda bisa membuatnya merasa nyaman dan tidak bosan, maka ia pun gembira berada di tempat tersebut.

    4. Stiker lucu
    Saat anak makan di restoran, tidak ada hiasan pada sendok atau piring plastik di dalamnya. Di sinilah peran stiker sangat dibutuhkan. Tempel di meja makan, sendok, piring, sehingga membuatnya nampak menarik. Ini menjadi magnet bagi anak sehingga tidak merasa ada di tempat asing.

    Baca Juga:

    Tindakan Awal untuk Redakan Demam Anak

    9 Benda Wajib di Dalam Kotak P3K, Orangtua Mesti Baca

    Video Kakak Buang Adik Bayi, Kasihan Tapi Lucu

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES