1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    16 November 2015 18:00

    6 Cara Agar Anak Tidak Tertular Penyakit dari Saudara Kandungnya

    Punya anak lebih dari satu sangat menguji kecakapan Anda dalam menjaga kesehatan di rumah.

    Feed- Menjaga kesehatan anak-anak agar tidak mudah sakit bukanlah perkara yang mudah. Apalagi memasuki musim penghujan seperti saat ini, virus menyebar dengan mudah. Bila satu anak saja yang terserang penyakit di rumah, ada potensi anak yang lain bisa ikut tertular penyakitnya. 

    Namun, tak perlu risau.  Ada beberapa tips yang patut Anda coba untuk membantu mencegah tertularnya penyakit antar-anak di rumah. berikut ulasannya seperti yang dilansir Familyshare.com

     

    via: goodnightbaby.co.za

    1. Biasakan mencuci tangan
    Bukan rahasia umum lagi bila mencuci tangan merupakan bagian terpenting dari menjaga kesehatan. Sebab, mencuci tangan dapat mencegah penyebaran kuman. 80 persen dari penyakit menular menyebar melalui sentuhan tangan. Menurut Centers for Disease Control, AS, anak-anak belum terbiasa mencuci tangan sebelum makan. Oleh sebab itu, biasakan Anda-lah yang menjadi pemandu mereka untuk melakukannya sebelum makan.

    2. Simpan popok terpisah
    Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, ada baiknya untuk mengganti popok mereka secara terpisah. Sebab, popok dapat menyebarkan kuman dengan cepat. Solusi yang tepat menghindarkan anak dari penyakit ialah membuang popok pada tempatnya, gunakan popok sekali pakai saja, serta rajin mengganti selimut si bayi selalu bersih.

    via: babywisemom.com

    3. Berhati-hati saat makan
    Anda harus lebih mengawasi anak-anak ketika menghadiri acara makan-makan di luar rumah. Batasilah mereka untuk berbagi makan kepada orang lain. Sebab, ketika seseorang sakit, virus akan cepat menyebar melalui makanan.

    4. Berhenti memasak
    Jika seseorang di rumah, sakit terutama jika seseorang itu adalah Anda. Hindari menyiapkan makanan dengan tangan Anda ketika sakit. Sebab, kuman menyebar menyebar dengan mudah melalui tangan ke mulut keluarga Anda.

    via: meemodel.com

    5. Memberi ASI
    Jika Anda menyusui lebih dari satu anak, tetaplah memberikan ASI walaupun Anda sakit. Sebab, memberikan ASI dapat mencegah bayi Anda terkena berbagai penyakit, ingatlah bahwa ASI mengandung anti-bodi yang tinggi.

    6. Memberikan imunisasi
    Imunisasi membantu melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya. Pastikan anak-anak Anda mendapatkan imunisasi yang lengkap. 

    Baca Juga: 

    Kapan Waktu yang Tepat Hentikan Kebiasaan Ngedot pada Anak?

    4 Trik Agar Anak Tidak Rewel di Restoran

    Cara Jitu Agar Anda Disayang Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES