1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    18 Maret 2015 08:39

    7 Fakta Menarik Tentang Darah

    Satu liter darah cukup untuk tiga kehidupan.

    Feed - Fungsi utama dari darah yang ada dalam tubuh kita adalah untuk memasok oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan, mengangkut hormon, mengatur pH tubuh dan suhu tubuh inti. Tapi tahukah Anda fakta menarik tentang darah? Seperti dilansir healthmeup.com, berikut fakta soal darah yang bisa menyelamatkan banyak nyawa.

    1. Satu liter darah cukup untuk tiga kehidupan

    via examiner.com

    Satu liter atau 450 mililiter darah mampu menyelamatkan beberapa orang jika darah dipisahkan menjadi beberapa komponen dasar, yaitu sel darah merah, trombosit, dan plasma. Ketiga komponen ini dapat digunakan untuk mengobati orang secara individual dengan kondisi kesehatan tertentu.

    2. Empat jenis darah utama adalah A, B, AB dan O

    via sapujagat.com

    Keempat golongan darah itu terbagi menjadi dua yakni rhesus positif dan rhesus negatif. AB adalah penerima sel darah merah secara universal.

    3. Dibutuhkan 1,2 juta nyamuk untuk menghabiskan darah di tubuh manusia

    via sains.me

    Volume darah pada manusia diperkirakan sekitar tujuh persen dari berat badan kita. Rata-rata berat badan orang dewasa berat 65 - 80 kilogram akan berisi sekitar 4,7 - 5,5 liter darah.

    4. Ada 100.000 mil pembuluh darah di tubuh manusia dewasa

    via telegraph.co.uk

    Di dalam tubuh manusia terdiri dari tiga jenis pembuluh darah, arteri, vena, dan kapiler. Proses sirkulasi darah melibatkan arteri yang membawa darah dari jantung. Sementara kapiler bekerja untuk menghubungkan arteri vena. Pada gilirannya, pembuluh darah membawa kembali darah ke jantung.

    5. 1,5 Juta barel darah cukup untuk mengisi 200 mobil tangki kereta

    Jantung memompa sekitar 55 - 80 mililiter darah di setiap denyut. Jantung orang dewasa memompa sekitar 6.000 - 7.500 liter darah setiap hari. Dan, rata-rata tubuh orang dewasa mengandung sekitar lima liter darah yang terus beredar ke seluruh tubuh.

    6. Hanya butuh 30 detik agar sel darah merah memenuhi tubuh

    via transfusionfree.usc.edu

    Selama umur empat bulan, sel-sel darah merah membuat 250.000 perjalanan sekitar tubuh manusia.

    7. Plasma adalah 90 persen air dan membuat 55 persen darah

    Plasma adalah campuran berwarna kuning pucat yang terdiri dari air, protein, dan garam. Plasma disimpan dalam keadaan beku dan dapat ditransfusikan sampai satu tahun setelah dikumpulkan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES