1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    19 Maret 2015 16:29

    8 Dalil Mencengangkan Soal Kanker

    Kanker adalah pembunuh nomor satu di dunia dengan 8,2 juta kematian di tahun 2012.

    Feed - Meski dibanjiri investasi dan penelitian besar, kanker terus menjadi penyakit yang tidak dihindari. Penyakit ini memiliki banyak ragam dan menghasilkan kematian lebih besar dibanding dengan gabungan korban AIDS, TBC, dan malaria. Ini menjadikan kanker sebagai pembunuh nomor satu di dunia dengan 8,2 juta kematian di tahun 2012. Agar terhindar dari kemalangan ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa dalil mencengangkan soal kanker, seperti dikutip dari Health me Up.

    via doitandhow.com

    1. Setiap harinya kanker membunuh 20 ribu orang di dunia. Kanker yang menjadi penyebab umum kematian adalah kanker paru-paru, hati, perut, usus besar, payudara, dan esofagus.

    2. Lebih dari 30 persen kanker sebenarnya bisa dicegah. Caranya, dengan tidak mengonsumsi tembakau, mempertahankan hidup sehat, aktif secara fisik, dan mengontrol konsumsi alkohol. Pada beberapa negara berkembang, hampir 20 persen kematian karena kanker bisa dicegah dengan pemberian imunisasi melawan infeksi Hepatitis B (HBV) dan Human Papillomavirus (HPV).

    via science.howstuffworks.com

    3. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association ditemukan bahwa pilot dan pramugari dua kali lebih berisiko terkena kanker kulit melanoma karena paparan sinar ultraviolet yang tinggi. Intensitas radiasi sinar ultraviolet meningkat 15 persen tiap kenaikan 914 meter dari permukaan laut. Sementara pesawat terbang yang menjadi tempat kerja dua profesi di atas, terbang dengan ketinggian mencapai lebih dari 10 ribu meter.

    4. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita jadi lebih aware dengan kanker payudara ketika aktris Angelina Jolie mengumumkan dirinya positif kanker payudara jenis BRCA1. Di Inggris, pengumuman itu menggandakan jumlah wanita yang memeriksakan dirinya untuk kanker payudara.

    via gawker.com

    5. Anjing masa kini dilatih untuk bisa mengendus kanker prostat dengan akurasi mencapai 98 persen. Hidung anjing memiliki sel olfaktori empat kali lebih banyak dibanding hidung manusia. Sehingga membuatnya peka dan tajam mendeteksi senyawa organik yang dipancarkan oleh tumor. Peneliti dari Istituto Clinico Humanitas di Italia sukses melatih dua anjing untuk mengendus aroma kanker prostat di sampel urin yang diberikan.

    6. Sebuah senyawa yang diambil dari mariyuana menyebabkan sel kanker untuk membeku dan mencegahnya menyebar ke seluruh tubuh. Peneliti dari Pacific Medical Center di San Francisco, AS, menemukan bahwa senyawa ini bisa mencegah banyak karakteristik kanker ganas.

    via www.ralphmag.org

    7. Ada lebih dari 100 tipe kanker dan bisa muncul di 60 organ berbeda di tubuh manusia. Ini terjadi karena kanker bisa berkembang di berbagai sel tubuh.

    8. Rokok mengandung 4.000 bahan kimia, 43 di antaranya diketahui bisa menyebabkan kanker dan 400 lainnya beracun. Merokok bertanggung jawab atas 90 persen kasus kanker paru-paru dan sekitar 80 - 90 persen kematian yang disebabkan oleh empisema dan bronkitis.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES