1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Indra    13 Desember 2014 18:06

    8 Fakta Mie Instan Tersohor di Indonesia

    Indomie berhasil menaklukan lidah manusia dari Sabang sampai Merauke, bahkan Eropa. Dari Pecahkan rekor dunia hingga jadi kado wajib natal jadi kisah menarik Indomie dalam perjalanannya.

    Feed - Sulit menolak nikmatnya mi instan Indomie. Makanan sederhana satu ini tak pernah absen menghiasi sudut lemari makanan. Mi instan yang satu ini berhasil menaklukan lidah manusia dari Sabang sampai Merauke.

    Bahkan, di beberapa benua seperti Asia, Amerika hingga Eropa sudah mengakui bagaimana cita rasa Indomie bisa bersaing dengan makanan lainnya.

    Membanggakan bagi Indonesia yang punya produk hingga menembus pasar dunia. Di balik kelezatannya, mi instan yang diproduksi PT Indofood Sukses Makmur ini memiliki fakta-fakta, yang menemani perjalanannya hingga kini. Berikut 8 fakta Indomie yang perlu diketahui.

    1. Pendiri Indomie Sempat Jadi Orang Terkaya Di Tanah Air

    Sudono Salim lah pria di balik keberhasilan Indomie yang sejak berpuluh-puluh tahun hingga kini masih dicintai dan terus jadi favorit berbagai kalangan. Ia adalah pengusaha Indonesia pendiri Grup Salim yang membawahi Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Hanurata, dan PT Waringin Kencana dan lain-lain.

    Pria kelahiran Tiongkok 19 Juli 1916 ini dikenal luas sebagai pribadi yang dekat dengan mantan Presiden ke-2 Indonesia Soeharto. Di tahun 2004 pria yang pernah dinobatkan Majalah Forbes sebagai orang terkaya ke 25 dari Asia Tenggara dengan nilai kekayaan sekira 655 miliar dolar Amerika Serikat. Baca selengkapnya di sini.

    2. Sukses di berbagai Benua

    Tidak cuma di Tanah Air, mi instan yang di produksi oleh PT Indofood Sukses Makmur ini juga sukses mewarnai lidah para bule yang tinggal di beberapa negara. Seperti Amerika Serikat, Australia, Afrika serta negara-negara Eropa.

    Di Afrika dan Timur Tengah, seperti Sudan dan Libanon, Indomie selalu menghiasi di setiap toko retail dan super market . Dan yang menghebohkannya lagi, di Amerika Serikat, Indomie malah menjadi salah satu kado natal favorit.

    Demi memenuhi permintaan di berbagai belahan dunia itu, Indofood tak hanya mendatangkan produknya ke berbagai negara. Melainkan membangun pabrik di sejumlah negara lain dan menjalin kontrak perjanjian dengan berbagai perusahaan di sana untuk memproduksi Indomie. Baca selengkapnya di sini.

    3. Rekor Dunia

    Nama mi instan besutan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Indomie, kian tersohor setelah mememcahkan rekor dunia dari Guinnes World Records, sebagai kemasan mi instan terbesar pada tahun 2005.

    Pada saat itu Indomie berhasil menciptakan paket kemasa Indomie dengan ukuran 3,4m x 2,355m x 0,47m, dengan berat bersih 664,938 kilogram. Ukuran itu memiliki 8.000 kali berat standar sebuah paket mi instan.

    Selain itu juga Indomie mendapat penghargaan sebagai mie instan goreng yang mampu meraih volume penjualan terbesar 14,1% dari total industri. Mie instan dengan pilihan cita rasa khas Indonesia terbanyak yaitu 62 cita rasa, dan pemrakarsa pembuatan penggorengan mi instan terbesar dengan ukuran 7,2 m x 4,8 m x 1,5 m. Baca selengkapnya di sini.

    4. Hadiah Natal

    Mencengangkan jika seorang Roger Ebert yang berprofesi sebagai jurnalis, kritikus film, dan penulis naskah asal Amerika Serikat merekomendasikan Indomie dalam daftar hadiah natal favorit.

    Roger dikenal sebagai salah seorang kritikus film berpengaruh di AS oleh majalah Forbes. Kritikannya kerap kali wara wiri mengisi blog yang dikelola surat kabar Chicago Sun-Times. Suatu ketika tepatnya tanggal 13 Desember 2009, ia menyusun daftar hadiah natal favorit.

    Dari daftar 12 hadiah natal favorit 2009 versi Ebert, dia mencantumkan paket lima bungkus Indomie goreng. Baca selengkapnya di sini.

    5. Tersohor Di Nigeria

    Di Nigeria Indomie sudah menjadi salah satu makanan paling favorit. Hal ini bisa terlihat ketika kedua pabrik yang memproduksi mi instan Indomie kewalahan menangani banyaknya permintaan, baik dari Nigeria maupun negara-negara di Afrika Lainnya.

    Perusahaan tersebut yakni De-United foods industries ltd, yang merupakan anak perusahaan dari Dufil Group, hasil joint venture Tolaram Group dari Singapura dengan Salim Group dari Indonesia.

    Saat ini ada 2 pabrik yang memproduksi Indomie di Nigeria, yang pertama adalah pabrik De United Foods Industries limited yang didirikan 1995 di Ota Ogun State, merupakan pabrik pertama yang memproduksi Indomie di Nigeria dan merupakan produsen mi instan
    terbesar di Afrika Barat. Pabrik kedua adalah Dufil Prima Foods Plc yang dioperasikan sejak 2001, terletak di Choba, Port Harcourt, Rivers State. Baca selengkapnya di sini.

    6. 62 Rasa 

    Indonesia yang kaya akan kuliner khas dari berbagai provinsi menginspirasi PT Indofood untuk membuat rasa yang serupa dari makanan khas Indonesia. Yang paling fenomenal yakni Indomie rasa rendang dan iga penyet. Hingga kini Indomie memiliki 62 cita rasa yang bisa dinikmati. Baca selengkapnya di sini.

    7. Mie Instan Terenak Dunia

    Seperti dilansir dalam seriouseats.com, dua rasa mi intasn Indomie menjadi salah satu mi instan terbaik dunia. Hal ini diungkapkan oleh seorang Hans Lienesch. Ia menjadi manusia yang sudah melahap lebih dari 1.100 jenis mi instan dari seluruh dunia dan me-review-nya di blog khusus tentang mi di theramenrater.com.

    Dua rasa Indomie yang jadi favorit Hans yakni Indomie Special Fried Curly Noodles dan Indomie Goreng Rasa Ayam Panggang, BBQ Chiken Flavor. Dalam tulisannya iya menyebut bahwa Indomie adalah mi instan paling enak yang pernah ia coba. "Truly the best instant noodles I've ever had. I love these". Baca selengkapnya di sini.

    8. Hip Hop Indomie

    Sebagai bentuk kecintaannya terhadap Indomie, salah satu rapper asal Nigeria, J2O menciptakan lagu tentang Indomie. Lagu yang dirilis bersama video klipnya di youtube tentunya membuat heboh warga Indonesia yang melihat klip itu. 

    Lagu yang dibuat ini bukan lagu yang diciptakan tanpa persiapan, dari segi musik dan lirik lagu ini dibuat dengan sangat serius dengan kualitas video yang baik pula. Hingga kini video yang telah diunggah sejak 8 Mei 2011 sudah ditonton jagad maya 529.198 kali. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES