1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    4 Desember 2015 12:00

    9 Makanan Ini Bisa Membuat Anak Mati Tercekik

    Waspada kala memilih makanan, salah-salah buah hati Anda akan gagal bernapas.

    Feed - Tersedak saat makan memang hal yang tidak menyenangkan bagi siapa saja, termasuk bagi anak. Anak-anak, khususnya yang berusia empat tahun ke bawah, sering tersedak karena belum mengetahui cara mengunyah dan menelan yang benar.

    Hal itu juga bisa disebabkan karena trakea anak sangat kecil, jadi memungkinkan makanan sekecil apapun bisa tersedak. Hingga dapat menyebabkan tidak bisa bernapas, batuk-batuk, bahkan kematian. Penting juga untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat membuat anak tersedak dan cara menyajikan makanan tersebut untuk anak seperti dikutip dari safebee.com.

    1. Permen

    via www.safebee.com

    Permen bertekstur lengket dan kenyal, seperti lolipop, permen karet, dan permen karamel, akan berbahaya ketika masuk ke tenggorokan anak di bawah usia empat tahun. Harap diingat bahwa mereka belum tahu caranya mengunyah permen dengan baik.

    2. Daging keras

    via www.safebee.com

    Daging yang Anda anggap empuk belum tentu bisa dimakan secara sempurna oleh balita. Khusus untuk balita, sisarankan untuk menyajikan daging yang direbus, dipotong kecil-kecil, atau daging unggas tanpa kulit. Potong daging kecil-kecil ukuran setengah inchi atau lebih kecil. 

    3. Buah segar

    via www.safebee.com

    Bagi anak kecil akan susah untuk mengunyah buah seperti apel dan pir. Ada baiknya Anda memarut buah itu terlebih dahulu atau memasaknya hingga lembek.

    4. Anggur

    via www.safebee.com

    Bentuknya yang bulat dan licin sangat mudah untuk membuat anak tersedak. Sebaiknya Anda memotongnya terlebih dahulu sebelum diberikan pada anak.

    5. Kacang-kacangan dan selai

    via www.safebee.com

    Kacang almon, kacang mete, macadamia, dan kenari memerlukan gigi yang kuat untuk menghancurkannya sebelum ditelan. Selai kacang juga bisa berbahaya karena teksturnya yang lengket dan bisa menempel di mana saja.

    6. Bongkahan keju

    via www.safebee.com

    lebih baik Anda memarut keju terlebih dahulu sebelum diberikan pada anak. Sebab  anak bisa tersedak jika memakan keju yang masih berwujud bongkahan kecil.

    7. Wortel

    via www.safebee.com

    Sama seperti buah-buahan, sayuran seperti wortel, mentimun, seledri, tomat, dan paprika perlu diiris tipis atau diparut sebelum dimasak.

    8. Popcorn

    via www.safebee.com

    Hindari si kecil dari popcorn dan keripik saat acara menonton bersama keluarga.

    9. Hot dog

    via www.safebee.com

    Karena bentuk sosis lonjong dan licin, sangat mudah sekali untuk masuk ke trakea anak dan menyebabkan tersedak. Potong hotdog atau makanan yang sejenis secara memanjang kemudian potong kecil-kecil terlebih dahulu.

    Baca juga:

    Trik Mudah Menghilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

    Luar Biasa, Buah Ini Ampuh Lawan Kanker Dalam Hitungan Menit

    Segera Keluarkan 7 Makanan Ini dari Kulkas

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES