1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KRIMINAL


  8. Reporter : Zika    8 April 2015 11:04

    Facebook, Panduan Penumpang Gelap Sampai Penculikan

    Bukan pertama kali seseorang menyalahgunakan fungsi media sosial (medsos).

    Feed - Dunia penerbangan Indonesia kembali dikejutkan dengan penyusup ke dalam pesawat, Selasa, 8 April 2015. Adalah Mario Steven Ambarita, 21, pria nekat yang naik ke ruang roda pesawat Garuda Indonesia (GA-177) boeing 737-800 yang baru saja mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta usai terbang dari Pekanbaru, Riau.

    Informasi dari pihak Garuda Indonesia menyebutkan Mario naik ke pesawat setelah menemukan celah pada pagar di landasan pacu Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Akibat aksi nekatnya itu, Mario menderita pendarahan pada telinga dan tubuh membiru. Menurut keterangan Mario, ia bisa menemukan cara nekat tersebut setelah melakukan riset di media sosial

    Bukan pertama kali seseorang menyalahgunakan fungsi media sosial (medsos). Selain kasus Mario, berikut beberapa contoh disfungsi sosmed seperti dikutip dari berbagai sumber:

    1. Penculikan
    Februari 2010 silam, seorang gadis muda berusia 14 tahun diculik seorang pria yang dikenalnya via Facebook. Gadis bernama Nova ini percaya dengan segala janji yang diceritakan Ari --si pria kenalan. Setelah janjian bertemu, Nova diketahui menghilang sehingga membuat orang tuanya melaporkan ke Kepolisian Tangerang.

    Tim penyidik yang dipimpin oleh Kompol Audie Latuheru dan AKP Danang D Kartiko menemukan keduanya di kawasan Jatiwung, Tangerang. Ini bukanlah kasus pertama penculikan yang berakar dari Facebook. Lihat kasus lainnya di tautan ini.

    2. Modus perampokan
    Dua pria bersenjata merampok kafe internet di Calima, Kolombia. Modus mereka adalah dengan berpura-pura menjadi pelanggan dan menggunakan komputer di dalam kafe tersebut. Saat dirasa kondisi aman, mereka kemudian menodongkan senjata dan menjarah harta benda kafe termasuk barang-barang pelanggan.

    Nahasnya, salah satu dari pelaku lupa men-log out akun Facebook miliknya. Polisi pun tidak kesulitan meringkus mereka mengingat di dalam akun Facebook tersebut tercantum alamat rumahnya.

    3. Mempermalukan keluarga
    Hannah Jordan, seorang gadis berusia 15 tahun memasang status di akun Facebooknya, "Kepada orang tua tersayang, aku bukan budakmu. Kalau kamu mau kopi, bangun dan ambil sendiri". Status ini dilihat oleh ayahnya, Tommy Jordan, yang marah besar terutama karena ia baru saja menghabiskan waktu enam jam untuk meng-upgrade laptop milik Hannah. Tommy menghukum Hannah dengan cara membuat video yang di-posting ke Facebook dan Youtube yang berisi aksinya menembakkan senjata ke laptop Hannah.

    4. Pedofilia
    Sudah bukan rahasia lagi bagaimana medsos digunakan para penjahat untuk mencari korbannya, termasuk pedofilia. Mereka menggunakan informasi yang dibagi di sosmed dan menjadikannya "senjata" penculikan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES