1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    24 Februari 2015 10:00

    5 Pantangan Setelah Makan

    Kebiasaan ini berbahaya dan bisa berujung pada gangguan kesehatan.

    Feed - Kebiasaan banyak orang, setelah makan biasanya mereka melanjutkannya dengan memakan buah sebagai pencuci mulut atau merokok untuk menghentikan sugesti mulut asamnya. Padahal jika hal itu tidak dilakukan dengan waktu yang tidak tepat dampaknya bisa lebih berbahaya yang berujung pada gangguan pencernaan.

    Seperti yang dilansir healthmeup.com, artikel ini akan membawa Anda mengetahui hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan setelah makan dan bagaimana Anda harus menyikapinya.

    1. Tidur

    via womensky.net

    Ini adalalah kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang setelah makan. Saat perut sudah terisi penuh, mata seakan dihujani beban ribuan ton dan tak sanggup menahan kantuk.

    Faktanya, tidur setelah makan bisa memperlambat pencernaan Anda, menyebabkan kembung, dan tidak nyaman ketika bangun. Yang seharusnya dilakukan, sebaiknya Anda tetap berada dalam posisi tegak selama satu jam setelah makan agar cairan pencernaan dapat memecah makanan.

    2. Makan buah

    via minervahorio.gr

    Buah selalu dianggap sebagai makanan penutup yang nikmat setelah makan. Namun jika dilahap tanpa jeda, fatal akibatnya bagi kesehatan.

    Buah adalah salah satu jenis makanan yang sangat cepat untuk dicerna. Jika Anda memakan buah setelah makan makanan utama, kandungan sehat dalam buah tidak akan berpengaruh dan justru hanya menyebabkan gas. Cobalah untuk makan buah-buahan satu atau dua jam sebelum makan. Buah bisa menjadi camilan sehat di antara waktu makan.

    3. Minum teh

    via benetton.com

    Minum teh setelah makan akan menghambat pencernaan Anda. Asam dari teh mengeraskan protein dalam makanan yang Anda makan sehingga lebih sulit untuk dicerna.

    4. Mandi

    via telegraph.co.uk

    Banyak orang setelah sarapan kemudian dilanjutkan dengan mandi sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Kebiasaan itu justru tidak baik bagi kesehatan khusunya pencernaan. Ketika Anda mandi, suhu tubuh akan meningkat dan sebagian besar darah ditarik ke permukaan kulit hingga lengan.

    Hal itu tentunya akan berdampak pada sistem pencernaan dan perlahan merusak kandungan dalam makanan Anda.

    5. Merokok

    Beberapa orang mengatakan bahwa merokok satu batang rokok setelah makan setara dengan sepuluh batang. Namun, kapan pun waktunya, merokok adalah kebiasaan yang berbahaya bagi tubuh Anda. Untuk tetap sehat, hindari secara total kebiasaan merokok.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES