1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    9 Juni 2015 13:13

    Jangan Sentuh Bagian Tubuh Ini Pakai Tangan!

    Ada beberapa tempat sakral yang tidak boleh disentuh oleh tangan, terlebih saat dalam keadaan kotor.

    Feed - Pada dasaranya tangan punya akses penuh untuk bergerak, menyentuh anggota tubuh mana pun selama itu tubuh kita sendiri. Tetapi, rupanya ada beberapa tempat sakral yang tidak boleh disentuh oleh tangan, terlebih saat dalam keadaan kotor.

    Menurut Kelly Reynolds, seorang profesor di Zuckerman College of Public Health di University of Arizona, tangan memainkan peran penting dalam transmisi kuman. Bahkan setelah mencuci tangan, tangan dan jari akan dengan cepat kembali terkontaminasi kuman dari lingkungan sekitar. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa anggota tubuh Anda yang “diharamkan” disentuh saat tangan Anda kotor.

    Saluran telinga

    via hopkinsmedicine.org

    Jangan berikan sentuhan apapun pada kuping Anda saat tangan dalam keadaan kotor, terlebih pada bagian saluran telinga. Memasukan sesuatu ke liang telinga dapat merobek kulit tipis yang melapisi saluran telinga.

    Jika Anda merasa gatal pada bagian telinga, coba lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui apa penyebabnya. Dibanding Anda melakukan penyembuhan sendiri dengan cara menggaruk.

    Wajah

    via huffingtonpost.com

    Umumnya kita menggunakan tangan untuk mencuci muka atau melakukan perawatan kulit. Namun jika dlam keadaan kotor, menyentuh wajah dengan tangan adalah sebuah kesalahan.

    Menurut Adnan Nasir, seorang dermatologi kesehatan, permukaan tangan sangat mudah untuk dihinggapi kuman. Hal itu akan memungkinkan bakteri dengan mudah menyebar ke bagian tubuh mana pun termasuk wajah yang membuat Anda mengalami gangguan kesehatan kulit.

    Mata

    via sextonvisiongroup.com

    Mata akan mudah mengalami inifeksi jika disentuh oleh tangan yang kotor. Jika merasa gatal, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter ahli mata, dibanding harus menyentuh dan menggosok mata Anda.

    Mulut

    via popeater.com

    Penelitian terbaru dari Inggris menemukan bahwa beberapa orang akan menaruh jari mereka di sekitar mulut rata-rata 23,6 kali per jam ketika merasa bosan di tempat kerja. Dan, mereka masih akan melakukannya sebanyak 6,3 kali dalam satu jam ketika mereka sedang sibuk.

    Dalam sebuah studi yang diterbitkan Journal of Applied Microbiology, sepertiga kuman dari jari tangan dapat berpindah ke mulut manusia. Itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

    Dalam hidung

    via viralportal.net

    Waspada jika Anda termasuk orang yang sering “menggali emas” di bagian hidup. Dalam sebuah studi 2006 yang diterbitkan dalam Journal Infection Control, seseorang yang sering mengupil ada kemungkinan 51 persen lebih mudah membawa bakteri staphylococcus aureus --sekelompok bakteri yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit di bagian hidung.

    Baca juga: Periksa Bagian Tubuh Ini, Kanker Kulit Bisa Berkembang di Situ

    Menangis Mampu Menghapus Racun dalam Tubuh

    4 Makanan Pemulih Alami Bagi Tubuh

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES