1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    24 November 2015 14:00

    Ketahui Jenis Penyakit di Tubuh Lewat Kondisi Kaki Anda

    Mulai sekarang coba cermati kondisi kaki Anda.

    Feed - Anggota tubuh manusia bisa jadi jendela untuk mengetahui jenis penyakit apa saja yang kita derita. Kaki misalnya, anggota tubuh yang berfungsi untuk menopang dan menjaga keseimbangan badan ini dapat mengungkapkan kondisi kesehatan manusia yang sering kita abaikan.

    Caranya mudah, hanya dengan melihat 20 detik kondisi kaki, kita dapat mendiagnosa berbagai  jenis penyakit yang ada di dalam tubuh. Mulai sekarang coba cermati kondisi kaki Anda seperti yang dilansir situs boldsky.com, apabila salah satu tandanya Anda alami, segera lakukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Jangan sampai terlambat.

    Kaki bengkak, nyeri, dan kemerahan

    via boldsky.com

    Jika Anda memiliki kondisi kaki seperti ini, ada kemungkinan terjadi akumulasi kristal asam urat di dalam jari kaki yang dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kemerahan. Hal ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

    Perubahan bentuk jari kaki

    via boldsky.com

    Jika ada perubahan dalam bentuk jari dan kuku kaki, itu artinya Anda harus melakukan pemeriksaan jantung dan paru-paru. Hal ini terjadi karena pasokan oksigen ke dalam darah berkurang. Jika sudah seperti ini, Anda bisa mengalami kesulitan bernapas dan perubahan denyut jantung.

    Penyembuhan luka pada kaki lambat

    via boldsky.com

    Kondisi ini biasanya dialami mereka yang menderita diabetes. Pemulihan yang lambat ini disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh seperti kaki yang berujung pada kerusakan dan kematian sel. Jika penyembuhan pada kaki lambat, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk cek diabetes.

    Kehilangan rambut kaki

    via boldsky.com

    Jika tiba-tiba rambut pada kaki Anda hilang, itu menandakan adanya penurunan sirkulasi darah, sehingga rambut kaki mengalami kerontokan. Hal ini disebabkan karena penyakit pembuluh darah, yang terjadi akibat kadar kolesterol tinggi sehingga timbul penyempitan pembuluh darah.

    Kram kaki

    via boldsky.com

    Nyeri dan kram di kaki merupakan tanda kekurangan gizi, masalah saraf, atau tanda dehidrasi. Sebagai bentuk antisipasi, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, magnesium, dan kalium.

    Kaki dingin

    via boldsky.com

    Dalam kasus ini menandakan bahwa Anda memiliki kelenjar tiroid yang kurang aktif. Kondisi ini akan menyebabkan kaki menjadi dingin disertai rambut rontok, kulit kering, dan vertigo. Maka, hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan tes fungsi tiroid untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

    Kuku pada kaki tebal dan menguning

    via boldsky.com

    Kondisi ini menunjukkan adanya infeksi jamur di dalam kuku. Kuku kuning dapat disertai dengan aroma tidak sedap yang mengubah warna kuku menjadi gelap. Fatalnya, jika tidak segera dilakukan pemeriksaan, infeksi akan menyebar dan menimbulkan jenis penyakit lain.

    Baca juga:

    Kenapa Pijat Kaki Itu Terasa Nikmat?

    Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Berjalan Kaki

    Melihat Kepribadian Dari Bentuk Jari Kaki Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES