1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Zika    28 April 2015 11:33

    Ketahui Kepribadian Anda Lewat Cara Menyusun Bujet

    Ini juga menjadi refleksi seberapa jauh Anda bisa mencapai mimpi keimbangan finansial.

    Feed - Cara Anda menyusun anggaran keuangan ternyata bisa menjadi tolok ukur kepribadian. Ini juga menjadi refleksi seberapa jauh Anda bisa mencapai mimpi keimbangan finansial yang sudah diidam-idamkan. Simak lima contoh tipe penyusunan anggaran di bawah ini. Anda mungkin mengenali salah satunya sebagai kepribadian diri sendiri. Jika sudah mengenalinya, Anda bisa membuat beberapa penyesuaian agar penyusunan anggaran bulanan tidak menjadi masalah yang membuat stres.

    Menyusun segalanya hingga sereceh-recehnya
    Jika Anda menyusun semua pengeluaran dengan amat sangat detail hingga menghitung pengeluaran dari uang receh sekalipun, maka Anda merupakan tipe penyusun anggaran yang selalu khawatir setiap saat. Namun Anda patut diacungi jempol karena tahu kapan harus menyesuaikan batas pengeluaran ketika ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi. Anda juga merupakan superstar dalam hal penyusunan anggaran dan hampir pasti memenuhi mimpi finansial setiap tahunnya.

    Meski demikian, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai hanya karena terlalu detail akan bujeting, Anda sampai stres karena uang. Ingatlah ada saatnya Anda bijak akan keuangan sehingga merasakan nikmatnya penghasilan sendiri.

    Tidak pernah menyusun anggaran
    Jika Anda masuk dalam tipe ini maka Anda merupakan seseorang yang tidak berpikir panjang akan masa depan. Anda hanya lega karena sudah membayar semua tagihan tepat waktu dan selalu menanti hari gajian karena bisa berbelanja lagi. Hati-hati, hal ini bisa masuk sebagai kekurangan diri yang bisa mencegah Anda masuk dalam zona keuangan aman. Mulailah menyusun anggaran agar Anda tidak selalu bergantung pada kartu kredit atau pun gaji bulanan.

    Santai, semua bisa teratasi
    Anda dengan tipe penyusun anggaran seperti ini biasanya memiliki kepribadian yang santai, luwes, dan tidak memiliki rencana bujeting per bulannya. Anda hanya membiarkan pengeluaran mengalir tapi tahu kapan harus menghentikannya.

    Dengan gaya bujeting macam ini maka kemungkinan besar Anda tidak akan mencapai mimpi finansial yang Anda inginkan. Sebab, semua uang yang Anda biarkan mengalir akan hilang padahal semestinya bisa digunakan untuk kepentingan yang lebih bijak.

    Menyusun anggaran, tapi...
    Anda yang melakukan ini biasanya memiliki sifat antusiasme yang tinggi tapi mudah sekali antusiasme itu menguap. Anda biasanya gemar menghitung semua rencana pengeluaran dan pemasukan, namun Anda tidak tertib dalam menjalankannya. Anda juga kerap kalah dengan godaan impulsif berbelanja sehingga menghancurkan semua rencana yang sudah Anda susun.

    Baru berencana membuat anggaran
    Anda sadar harusnya sudah memiliki rencana anggaran karena itu bisa membantu keuangan Anda. Tapi, entah mengapa, Anda tidak pernah sukses menyusunnya. Mungkin Anda melihat penyusunan anggaran sebagai sesuatu yang menakutkan atau Anda merasa terlalu miskin untuk membuatnya.

    Hentikan semua ketakutan itu dan mulailah menyusun rencanan keuangan Anda. Pasalnya, semua ketakutan Anda tidak beralasan. Lagipula, semua alasan Anda untuk tidak menyusun anggaran merupakan cerminan kepribadian seseorang yang selalu membuat alasan saat mimpi dan cita-citanya tidak terwujud.

    Baca juga: Jangan Ajarkan 5 Perkara Uang Ini Pada Anak 

    Para Wanita Teledor, Tidak Sengaja Buang Uang Hingga Rp2 Miliar

    7 Pertanda Gaji Anda Terlalu Kecil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES