1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    6 November 2015 11:32

    Kiat Para Artis Indonesia Mengatasi Diare pada Anak

    Artis cantik juga manusia normal yang akan kewalahan ketika anak mereka terkena diare.

    Feed - Penyakit diare adalah salah satu jenis penyakit saluran pencernaan yang sangat umum. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari kalangan dewasa, remaja, dan anak-anak. Tapi penyakit buang-buang air besar secara sering dan feses berupa cairan ini rentan sekali terjadi pada anak-anak.

    "Anak menggunakan air lebih banyak selama sehari pada proses metabolisme dan ginjal. Anak-anak belum mampu untuk menstabilkan air di dalam tubuh jika dibandingkan dengan orang dewasa atau remaja," demikian dijelaskan drg. Annisa Rizki Amalia.

    Diare menyebabkan kehilangan garam (natrium), yang penting untuk tubuh dan air secara cepat. Bila tidak dapat digantikan maka akan terjadi dehidrasi. Bahkan jika sampai kehilangan sepuluh persen cairan pada tubuh akan mengakibatkan kematian.

    via news.babe.co.id

    Seperti dijelaskan sebelumnya, diare tidak pandang bulu dalam memilih korbannya. Anak-anak dari para pesohor pun bisa terkena jeratnya. Adalah tugas para ibu-ibu pesohor ini untuk menjaga kesehatan buah hatinya ketika terkena diare.

    "Saat anak terkena diare biasanya saya fokus agar anak tidak dehidrasi. Sebab yang bahaya dari diare adalah dehidrasi," ujar pesinetron Ririn Dwi Ariyanti saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 4 November 2015.

    "Saya biasanya memberikan air putih untuk mengembalikan cairan ditubuhnya," tambah istri dari Aldi 'Bragi' itu ketika ditanya mengenai kiat-kiatnya mengatasi diare anak.

    via kapanlagi.com

    Lain lagi dengan cara yang digunakan oleh Giselle Marten --istri dari Gading Marten dan ibu dari Gempita Nora Marten. Menurut penyanyi cantik itu, kiatnya untuk mengatasi diare pada anak adalah dengan pemberian baby oil.

    "Untuk (musim) pancaroba seperti saat ini biasanya Baby Gem (panggilan Gempita) aku kasih baby oil aja biar anget dan terhindar dari penyakit," kata Giselle.

    Sementara Carissa Putri yang populer dari film 'Ayat-Ayat Cinta' memiliki cara yang lebih sistematis. Ibu dari Quenzino Acana Naif ini akan memerhatikan baik-baik gizi yang diasup anak kala terpapar diare.

    via Instagram

    "Biasanya kalau anak diare saya beri air putih agar tidak dehidrasi dan biasanya saya memiliki grafik makan pagi, siang, dan malam. Agar gizinya seimbang seperti sayuran secukupnya, nasi beberapa gram saja, dan saya memberikan camilan biskuit, keju, atau roti," ungkap wanita 31 tahun itu.

    Kiat terbaik untuk pencegahan diare sebenarnya adalah dengan memperhatikan kesehatan di lingkungan rumah. Dikatakan drg. Annisa, perhatikan dengan saksama sumber air bersih dan sanitasi yang baik.

    "Jangan lupa untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun, buang popok anak di tempat seharunya, serta simpan air minum di tempat yang bersih dan masak air hingga benar-benar matang," tambah sang dokter. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Ini Rahasia Carissa Putri Jadi Ibu yang <em>Stylish</em>

    Jamu Asli Indonesia yang Aman Dikonsumsi Anak

    7 Tipe Kanker Mematikan yang Mengintai Anak-Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES