1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    9 April 2015 14:06

    Bentuk Kuku Menandakan Kesehatan Seseorang

    Bagaimana bentuk kuku Anda?

    Feed - Sedikit yang menyadari kalau kuku pada jari manusia bisa memberi peringatan terhadap kesehatan Anda. Bahkan, bentuk dan tekstur kuku manusia bisa mendeteksi adanya penyakit serius dalam tubuh seseorang.

    Coba lihat kuku-kuku pada jari manis Anda, apakah tebal atau tipis? Bergelombang atau bergaris? Jika iya, segeralah periksa kesehatan Anda. Seperti dilansir dari tophealthylife.com, berikut adalah cara melihat kesehatan dari bentuk kuku Anda.

    1. Kuku berubah warna

    via donnapeach.com

    Kuku yang sehat adalah kuku yang punya warna merah dengan sentuhan warna putih di bagian pangkal. Namun, jika kuku Anda memiliki warna pucat atau bergaris dengan warna lain, mungkin Anda memiliki beberapa masalah kesehatan serius yang tersembunyi.

    Kuku yang punya warna hijau bisa dihubungkan dengan infeksi bakteri. Sementara garis-garis merah di kuku bisa dihubungkan dengan infeksi katup jantung. Beda lagi jika Anda punya kuku berwarna pucat, itu bisa menjadi tanda kelemahan vitamin.

    Kuku dengan warna kebiruan dapat menunjukkan tingkat oksigen yang rendah dalam darah Anda. Dan, kuku berwarna putih bisa menjadi tanda penyakit hati, seperti hepatitis

    2. Kuku tebal

    via nailfungusproducts

    Kuku tebal adalah bentuk kuku yang tidak wajar. Kuku tebal dengan tekstur bergelombang dapat berhubungan dengan infeksi jamur. Sementara kuku tebal dan terbelah bisa menandakan penyakit tiroid dan psoriasis.

    3. Kuku Mengelupas

    via webmd.com

    Kuku ini tampak mengelupas dari dalam lapisan. Ini bukan diakibatkan karena terlalu sering mencuci atau memoles kuku. Kuku yang mengelupas dapat berhubungan dengan vitamin C, asam folat, dan kelemahan protein. Selain itu, menurut situs Webmd.com sekitar sepuluh persen kuku yang mengelupas bisa memberi tanda bahwa Anda kekurangan gizi.

    4. Kuku cekung

    via thepinoycookbook.com

    Kuku yang melengkung ke atas bisa menandakan bahwa Anda kekurangan zat besi, tanda penyakit jantung, dan hipotiroidisme.

    5. Kuku berlubang

    via deccanchronicle.com

    Bentuk kuku berlubang seperti kena benturan ini bisa dihubungkan dengan psoriasis dan masalah kesehatan rambut, seperti kerontokan.

    6. Kuku bergaris

    via healingtalks.com

    Jika kuku Anda halus dengan garis mulus, maka Anda sehat. Tapi jika Anda memiliki tekstur garis yang kasar, maka ada masalah kesehatan pada tubuh Anda. Garis kasar pada kuku dapat berhubungan dengan kekurangan zat besi, inflamasi arthritis, dan lupus.

    7. Kuku bengkak

    via practicaloutdoors.com

    Bentuk kuku bengkak, oval, atau kembung itu kemungkinan Anda punya masalah dengan kesehatan. Penyakit paru-paru atau masalah pernapasan jadi gangguan yang kesehatan yang bersembunyi pada tubuh si pemilik kuku.

    Tak hanya itu, jenis kuku ini juga berkaitan erat dengan penyakit radang usus, penyakit hati, bahkan AIDS. Bentuk kuku ini bukan satu-satunya cara untuk melihat kesehatan manusia. Namun tanda-tanda yang diberikan oleh kuku ini bisa jadi peringatan untuk Anda hidup lebih sehat dan memeriksa kesehatan Anda.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES