1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter : Zika    27 Mei 2015 15:52

    Menebak Kepribadian Lewat Status Facebook Anda

    Psikolog yang terlibat di dalamnya melakukan survei pada 555 pengguna Facebook untuk menemukan korelasi antara status dengan kepribadian mereka.

    Feed - Statusmu, cermin kepribadianmu. Ungkapan ini makin merebak seiring perkembangan media sosial macam Facebook. Ini pun sudah dibuktikan secara ilmiah lewat sebuah studi yang diadakan oleh Brunel University dan dituangkan dalam Journal Personality and Individual Differences.

    Psikolog yang terlibat di dalamnya melakukan survei pada 555 pengguna Facebook untuk menemukan korelasi antara status dengan kepribadian mereka. Lalu, para pengguna itu dimasukkan ke dalam lima ciri kepribadian: ekstroversi, neurotisisme, keterbukaan, persetujuan, dan kesadaran diri.

    Coba lihat kembali status-status Facebook Anda selama ini. Lalu lihat kategori di bawah ini dan apakah cocok dengan kepribadian Anda?

    1. Status mengenai kegiatan makan di luar, bertemu teman, dan berbagai hal konyol yang terjadi pada Anda = Anda orang yang ekstrovert (terbuka)

    via www.hongkiat.com

    Biasanya Anda adalah orang yang aktif membuka pembicaraan, luwes dalam pergaulan, dan ceria. Anda menggunakan Facebook sebagai alat komunikasi dan berhubungan dengan orang lain.

    2. Status berisi sharing mengenai artikel, berita, atau pun hasil karya kreatif = Anda orang yang berpikiran terbuka

    via designnotes.info

    Mereka yang kerap berbagi informasi mengenai semua hal di atas umumnya memiliki kebebasan berpendapat mengenai politik, agama, dan berbagai peristiwa lainnya. Anda yang masuk dalam kategori ini lebih sering menggunakan Facebook untuk mencari informasi dan bukan untuk bersosialisasi.

    3. Status berisi pamer kondisi percintaan = Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah

    via surethingchief.com

    Orang yang memiliki kepercayaan diri rendah, lebih sering mencantumkan soal kondisi percintaan mereka dalam status-statusnya. Singkatnya, mereka pamer pacar/pasangan sebagai bentuk perlindungan ketika dirinya merasa terancam.

    4. Status memamerkan pencapaian = Anda seorang narsis

    via michaelhyatt.com


    Jika Anda menggunakan Facebook untuk mengumumkan suatu pencapaian yang Anda raih, maka Anda bisa digolongkan orang narsis. Pencapaian yang dimaksud di sini bisa memiliki rentang jenis yang beragam, mulai dari prestasi kerja hingga hal remeh macam mendekor ulang kamar tidur. Anda memamerkan pencapaian ini karena ingin mencari pujian dan perhatian.

    5. Status berisi foto anak = Anda teliti

    via socialnewsdaily.com

    Jika Anda membanjiri Facebook dengan foto dan perkembangan anak dibanding foto diri sendiri, maka Anda dianggap pribadi yang teliti. Dengan kata lain, Anda orang yang berhati-hati, detail, dan agak waspada.

    Studi ini menyimpulkan, mereka yang memiliki pribadi yang teliti cenderung lebih banyak menulis soal anak-anaknya. Mereka juga menggunakan Facebook sebagai alat untuk berbagai informasi dan komunikasi dengan anggota keluarga lain.

    Baca juga: Jangan Pernah Posting 5 Hal Ini di Facebook

    Segera Hapus 5 Hal Ini dari Facebook Anda

    Manfaat Gemar Berselancar di Media Sosial

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES