1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Indra    27 November 2014 19:41

    Penjara Paling Mewah di Dunia

    Dengan iming-iming uang, penegak hukum bisa memanjakan para tahanan dengan fasilitas mewah. Seragam loreng hitam khas tahanan diacuhkan. Fasilitas mewah pun dengan sekejap digenggam.

    Feed - Kumuh dan jauh dari kata mewah. Kesan itu lah yang datang pertama kali ketika mendengar penjara. Tak ada yang bisa dilakukan di dalam sana. Ruang gerak dibatasi oleh luas sel yang tak jauh lebih besar dari 6 x 6 meter dengan tralis besi yang menghadang dari arah depan.

    Melirik lebih dalam, ternyata penjara tak seperti yang dibayangkan. Kuat dengan ketegasan dan tidak goyang sedikit pun. Dengan iming-iming uang penegak hukum bisa memanjakan para tahanan dengan fasilitas mewah.

    Seragam loreng hitam khas tahanan pun diacuhkan. Para tahanan dengan bebas melenggang menggunakan pakaian sehari-hari dengan aksesoris berkilauan. Bukan cuma tempat tidur dan toilet, mereka juga menyediakan ruangan privasi. Berikut in penjara paling mewah di dunia.


    1. Bastoy Prison, Norwegia

    Jika biasanya narapidana terkurung tak bergerak di dalam jeruji besi, di Norwegia para pelaku kejahatan bisa bebas menghirup udara segar.

    Penjara Bastoy ini jadi penjara ekologi pertama di dunia. Narapidana tinggal di pondok-pondok kayu, dan bekerja di pertanian penjara. Selama waktu luang, mereka memiliki akses ke kegiatan seperti menunggang kuda, memancing, bermain tenis, dan ski lintas negara.

    Hebatnya lagi, penjara Bastoy baru saja mendapat penghargaan di tahun 2014 karena dianggap mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi. Baca selengkapnya di sini.

    2. Justice Center Leoben, Austria

    Penjara yang berada di Austria ini mungkin bisa jadi tempat yang diidamkan para narapidana. Bagaimana tidak, penjara ini menyediakan hal yang mewah seperti kamar mandi pribadi, dan dapur, ditambah televisi.

    Di penjara ini terpampang jelas dua kalimat yang menjunjung tinggi asas kemanusian. “All human beings are born free and equal in dignity and rights,” dan “All persons deprived of their liberty shall be treated with humanity and with respect for the inherent dignity of the human person,”

    Hebatnya lagi, para penghuni sel ini dipersilakan untuk menggunakan pakaian pribadi layaknya orang tak tersangkut hukum. Baca selengkapnya di sini.

    3. Champ-Dollon Prison, Switzerland

    Penjara ini letaknya di Jenewa, Swiss. Dulu penjara ini dikenal sebagai penjara dengan tingkatan kepadatan yang luar bisa dengan berbagai penyebaran penyakit di dalamnya.

    Namun di tahun 2008, penjara ini mengalami perubahan yang lebih baik. Bangunan diperluas dan diberi fasilitas yang layak untuk penghuninya. Tak lagi behimpitan dengan narapidana lain, para penghuni kini bisa tidur dengan kamar tidur sendiri dan kamar mandi di dalam penjara layaknya hotel bintang 3. Baca selengkapnya di sini.

    4. JVA Fuhlbuet Prison, Jerman

    JVA Fuhlbuettel adalah penjara mewah di Hamburg, Jerman yang melayani narapidana. Direnovasi dan dibuka kembali tahun 2011, JVA ini jauh lebih mewah dengan fasilitas tempat tidur, sofa, dan toilet.

    Bahkan narapidana diberi ruang untuk rapat kecil serta memiliki akses ke mesin cuci merek baru dan pengering untuk melakukan laundry sendiri. Baca selengkapnya di sini.

    5. Sollentuna Prison, Swedia

    Bersih, nyaman, dan juga mewah. Ini gambaran salah sati penjara yang ada di Swedia. Penjara ini menyediakan tempat tidru yang empuk dan kamar mandi pribadi bersih. Para napi bisa menikmati tv di sofa, masak makanan favorit di dapur, dan memiliki akses ke gym untuk menunjang kesehatan. Baca slengkapnya di sini.

    6. Penjara Pondok Bambu, Jakarta

    Kita sudah taka sing lagi dengan rutan yang satu ini. Ratu Atut pernah menjadi penghuninya dan mendapat sorotan yang luar biasa di mata publik. Atut rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan pelayanan spesial di balik jeruji besi Ppndok Bambu.

    Atut selalu tampil modis dan menyewa tahanan wanita lain untuk mengerjakan pekerjaan pribadinya di tahanan seperti mencuci baju dan menjemur pakaian. Baca selengkapnya di sini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES