1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    4 Mei 2015 13:41

    Rambut Cerminan Kesehatan Anda

    Rambut kering dan rapuh bisa disebabkan karena Anda kurang minum air putih.

    Feed - Rambut yang Anda gerai ternyata bisa menyampaikan sinyal gangguan kesehatan apa yang terjadi pada tubuh Anda. Dari beberapa helai rambut, Anda bisa mengetahui masalah kesehatan Anda mulai dari secara fisik maupun psikologis. Berikut penjelasan lengkapnya, seperti dikutip dari prevention.com.

    1. Seorang perfeksionis

    via rebelcircus.com

    Sebuah penelitian di Kanada Kanada dalam Journal of Behavioral Therapy and Experimental Psychiatry menunjukkan bahwa seseorang yang sering menarik rambut, alis, dan bulu mata adalah orang yang punya kepribadian perfeksionis. Peneliti menjelaskan, kebiasaan menarik rambut dapat menjadi cara mengurangi frustrasi dan ketidakpuasan.

    2. Stres

    via healthtap.com

    Jika rambut Anda mengalami kerontokan selama tiga sampai enam bulan, maka itu tandanya Anda sedang mengalami stres. Normalnya, menurut dokter kulit New York City dan psikiater Amy Wechsler, rambut manusia bisa rontok 80 hingga 100 helai rambut sehari.

    Jika lebih dari batas normal, maka itu Anda akan mengalami penipisan rambut. Pencegahannya cukup mudah, Anda hanya butuh waktu tidur 7,5 - delapan jam tidur malam dan melakukan aktivitas penghilang stres.

    3. Pecandu junk food

    via wikybrew.com

    Jika rambut Anda terlihat loyo, kusam, rapuh, atau menipis, mungkin sudah saatnya untuk memikirkan kembali makanan apa yang ada di piring Anda. Hal itu dimungkinkan karena Anda terlalu banyak mengonsumsi junk food.

    Menurut Wendy Bazilian, RD, penulis The Superfoods Rx Diet, rambut yang sehar datang dari makanan yang sehat. Rambut Anda tidak akan rontok dan kusam setelah menyantap satu burger, tapi seiring waktu, rambut Anda akan menderita kekurangan gizi.

    4. Kurang makan makanan berlemak

    via renegadehealth.com

    Biasanya kita cenderung mengurangi makanan berlemak. Tapi nyatanya, makanan berlemak bisa membantu menyehatkan rambut. Kurang lemak bisa membuat rambut Anda terlihat lemas dan kurang kuat. Pilihlah lemak yang sehat, makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal.

    5.Terlalu banyak testosteron

    via healthtap.com

    Kebotakan di puncak kepala menandakan bahwa Anda kelebihan hormon testosteron dalam tubuh bisa merangsang folikel rambut untuk lepas dari kulit kepala. Sebaiknya Anda makan lebih sedikit gula dan berolahraga secara teratur untuk membantu mengurangi lemak perut. Sebagai catatan, kondisi yang dikenal sebagai Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK), juga bisa menjadi penyebab pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

    6. Risiko masalah gigi

    via dentinecare.com

    Sebuah studi dalam Journal of Clinical Investigation mengungkapkan bahwa orang-orang yang memiliki gangguan rambut lebih rentan terhadap gigi berlubang. Hal itu dikarenakan keratin juga berpengaruh dalam pembentukan enamel gigi, sehingga masalah dengan hasil protein bisa membuat gigi membusuk dan memproduksi lebih banyak bakteri.

    7. Kurang minum air

    via merdeka.com

    Rambut kering dan rapuh bisa disebabkan karena Anda kurang minum air putih. Dengan menenggak banyak air putih, kulit, rambut, dan otot akan menyerap air yang membuat Anda terlihat lebih segar dari biasanya.

    Baca juga: Panduan Keramas Sesuai Jenis Rambut

    5 Perkara Rambut yang Belum Anda Tahu

    Model Rambut Ini Membuat Anda Awet Muda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES