1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    14 Desember 2014 11:00

    Gunung Penakluk Everest

    Kaki gunung di dasar laut menjadikan Mauna Kea sebagai gunung pesaing utama Everest.

    Feed - Mount Everest di Pegunungan Himalaya sebagai gunung dengan puncak tertinggi di dunia masih memiliki saingan. Tinggi Mount Everest 8.848 meter dari atas permukaan laut (mdpl), ternyata masih kalah tinggi dengan Gunung Mauna Kea di Kepulauan Hawai, Amerika Serikat.

    Tinggi Gunung Mauna Kea hanya 4,205 mdpl. Yang artinya hanya setengah dari ketinggian Mount Everest. Tapi, jika diteliti kaki Gunung Mauna Kea tidak seluruhnya berada di atas permukaan laut.

    Namun, sebagian kaki Gunung Mauna Kea malah berada di bawah permukaan laut. Dengan keadaan fisik Gunung Mauna Kea, gunung ini sebenarnya lebih tinggi dari Mount Everest.

    Ketinggian Gunung Mauna Kea dari dasar hingga puncak mencapai angka 10.200 meter. Dengan demikian, setinggi 6.000 meter lebih kaki Gunung Mauna Kea berada di permukaan laut.

    Perbedaan lain antara kedua gunung tertinggi di dunia ini berada di letak geografis berbeda. Mauna Kea berada di tengah laut. Sementara Mount Everest berada di perbatasan daratan Nepal dan Tibet. Sama-sama menarik, silahkan pilih untuk membuktikan adrenaline Anda!

     1. Dari dasar laut.

    Penampakan Mauna Kea dengan ilustrasi gambar 3-D.

     2. Keindahan Gunung Mauna Kea dari tengah laut.

     3. Putihnya Everest tak menyurutkan nyali pendaki untuk melewati tebing-tebing berselimut es.

     

     (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES