1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    16 Februari 2015 16:00

    Waspada 10 Pertanda Diabetes

    Diabetes tidak memandang usia dan jenis kelamin. Pelajari untuk mencegahnya.

    Feed - Pelajari dan kenali diabetes --penyakit yang tidak mengenal usia. Jika memang Anda mengalami gejala seperti yang dilansir diabetescare.net, waspadalah! Segera hubungi dokter untuk mengukur kadar gula darah Anda.

    Rasa haus dan berkemih yang meningkat
    Saat kadar glukosa dalam darah meningkat, ginjal berusaha untuk menyaringnya dari tubuh Anda. Tapi jika terlalu banyak glukosa di dalamnya, ginjal akan kesulitan mengerjakan tugasnya. Glukosa yang tersisa akan keluar melalui proses berkemih yang terus-menerus hingga membuat Anda dehidrasi dan minum lebih banyak.

    via http://www.diabetescare.net/

    Nafsu makan meningkat
    Tubuh Anda menggunakan insulin untuk mengikat glukosa ke dalam sel yang digunakannya untuk energi. Karena Anda tidak menyimpan glukosa, tubuh mulai kehilangan energinya. Ini diartikan tubuh dengan nafsu makan yang meningkat.

    Lemah
    Ciri ini merupakan perwujudan dari kurangnya kemampuan tubuh menggunakan glukosa dengan tepat. Karena gagal mengikat glukosa ke dalam sel, tubuh jadi tidak memiliki tenaga.

    Berat tubuh berkurang drastis
    Glukosa yang terbuang dan menurunnya jumlah kalori, membuat tubuh Anda kehilangan hal penting yang tidak bisa diganti. Ini berdampak pada menurunnya berat tubuh secara drastis.

    via http://www.diabetescare.net/

    Kesemutan atau kebas
    Gejala ini disebut diabetic neuropathy yang merupakan kerusakan saraf akibat komplikasi level glukosa yang tinggi dalam darah.

    Pandangan kabur
    Area lain yang peka pada tingginya level glukosa dalam darah adalah mata. Lensa mata Anda bisa membengkak dan berubah bentuk hingga mengganggu penglihatan.

    Luka sulit sembuh
    Dalam salah satu studi yang dilakukan University of Warwick, peneliti menemukan bahwa penderita diabetes memiliki luka yang sulit sembuh. Ini karena glukosa dalam darah memengaruhi proses normal kekebalan tubuh.

    Kulit kering, gatal, atau bersisik
    Akibat terlalu sering berkemih, kulit Anda kekurangan kelembapannya. Selain kering, kulit Anda akan gatal dan bersisik.

    Gampang marah
    Semua gejala di atas bisa membuat batas kesabaran Anda menipis. Akibatnya, Anda jadi mudah marah karena banyak hal.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES