1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Zika    23 Maret 2015 16:45

    5 Air Paling Mematikan, Salah Satunya Citarum

    Citarum masuk dalam daftar ini karena tumpukan sampah di dalamnya.

    Feed - Sungai sudah menjadi sahabat manusia sejak zaman pra-sejarah. Hamparan air tawar yang mengalir ini menyediakan berbagai manfaat, seperti minum, makan bahkan hiburan. Namun seiring waktu dan fenomena alam, tidak semua sungai bisa menyajikan hal-hal itu. Seperti contohnya lima sungai paling mematikan di dunia ini yang dikutip dari List Verse.

    via List Verse

    Rio Tinto, Spanyol
    Sungai ini mematikan karena tingginya kandungan asam yang mencapai pH balance dua. Ini artinya air sungai Rio Tinto sama kuatnya dengan asam di perut manusia dan bisa membunuh makhluk hidup apa pun yang berenang di dalamnya. Kadar asam ini disebabkan oleh bakteri dan besi yang larut selama bertahun-tahun di dalamnya. Fenomena sama diketahui terjadi di Planet Mars.

    via List Verse

    Danau Mendidih, Dominika
    Nama sebenarnya sungai ini adalah Boiling Lake yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi Danau Mendidih. Danau ini ditemukan tahun 1870 oleh dua orang Inggris dan dinamai sesuai dengan wujudnya yang penuh dengan air bersuhu 82 hingga 91,5 derajat Celcius.

    Suhu yang bisa mengupas kulit manusia ini adalah suhu di pinggir danau saja. Sedangkan titik paling panas adalah di bagian tengah yang hingga sekarang tidak bisa diukur derajat pastinya karena terlalu panas. Teori yang beredar menyebut danau ini berada di pucuk lava sehingga gas yang terkandung di dalamnya merembes ke air danau.

    via List Verse

    Ci Tarum, Jawa Barat, Indonesia
    Ci Tarum atau biasa dikenal sebagai Sungai Citarum di Jawa Barat masuk dalam daftar ini karena tumpukan sampah di dalamnya. Ini berkat rendahnya kesadaran lingkungan warga ditambah dengan 500 pabrik yang berjejer di bantarannya. Ironisnya, warga masih menggunakan air Ci Tarum sebagai sumber air minum, mandi, dan masak. Sebegitu tebalnya tumpukan sampah-sampah ini, manusia sampai bisa tidur di atasnya.

    via List Verse

    Danau Kivu, perbatasan Kongo dan Rwanda
    300 meter di bawah permukaan Danau Kivu terkandung 250 kubik kilometer karbon dioksida dan 65 kubik kilometer gas metana. Paduan beracun ini sebenarnya bisa digunakan menjadi sumber daya listrik. Namun, belum ada pihak yang berhasil melakukannya. Untuk saat ini Danau Kivu merupakan sungai beracun yang kerap banjir dan menyebabkan ribuan kematian.

    via List Verse

    Danau Karachay, Rusia Barat
    Ini merupakan sungai yang paling tinggi mengandung bahan radioaktif di muka bumi. Itu karena pembuangan limbah nuklir besar-besaran yang dilakukan pihak Uni Soviet hingga tahun 1990-an. Sebegitu tingginya paparan radioaktif di sini, Anda tidak perlu berenang untuk bisa mati karenanya. Cukup berdiri saja di bantarannya dan Anda akan segera terpapar radiasi. Rusia mencoba memperbaiki masalah ini dengan menuangkan beton ke dasar sungai untuk menyerap bahan radioaktif. Namun usaha ini diperkirakan baru bisa berhasil sekitar 500 tahun lagi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES