1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Zika    28 Maret 2015 09:00

    5 Museum Paling Asyik untuk Dikunjungi

    Lima museum di daftar ini bisa memperkaya pengetahuan Anda.

    Feed - Museum, sebagai institusi permanen dan melayani kebutuhan publik, menjadi lokasi pelancongan yang asyik untuk didatangi. Anda juga bisa melihat aneka benda nyata yang bisa memperkaya pengetahuan. Museum dalam daftar ini berfungsi untuk keduanya; wisata dan belajar. Berikut museum terunik dilansir situs pegipegi.com.

    via yogyakarta.panduanwisata.id

    1. Museum Anak Kolong Tangga, Yogjakarta
    Museum ini merupakan museum dengan wahana mainan anak-anak pertama di Indonesia. Museum ini terletak di Gedung Concert Hall, Taman Budaya Yogjakarta dan didirikan oleh Rudi Corens, seniman berkebangsaan Belgia memiliki 9.000 koleksi mulai dari buku. Mulai buku cerita, poster, gambar, komik, hingga berbagai jenis mainan dan topeng yang berasal dari seluruh benua. Museum ini didirikan karena timbulnya kekhawatiran pada generasi muda yang sudah cenderung melupakan tradisi budayanya sendiri. 

    via lebahmadu-honeybees.blogspot.com

    2. Museum Batik Danar Hadi, Solo
    Museum Batik Danar Hadi berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No 261, Solo, Jawa Tengah. Lokasi ini memamerkan koleksi batik-batik kuno mulai dari Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Hokokai, Batik Sudagaran, Batik Indonesia, hingga Batik Cina. Ada beberapa penghargaan yang sudah didapat museum ini. Di antaranya penganugerahan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di tahun 1999, dari Pemerintah Kota Surakarta di tahun 2000, dan penghargaan dari situs Tripadvisor.

     

    via www.indonesia-tourism.com

    3. Museum Geologi, Bandung
    Museum Geologi terletak di Jalan Diponegoro No 57 Cihaur Geulis Neglasari, Bandung, Jawa Barat. Museum ini mengoleksi benda yang berhubungan dengan bumi. Seperti koleksi batuan serta koleksi benda-benda bersejarah macam fosil manusia purba hingga fosil binatang yang hidup di masa lampau. Di ruang utama, pengunjung dapat melihat tulang-tulang makhluk purba. Biaya sekali masuk sebesar Rp2.000 per orang untuk pelajar atau mahasiswa, Rp3.000 per orang untuk wisatawan domestik, Rp10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

    via www.selasar.com

    4. Museum Bank Indonesia, Jakarta
    Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat. Ia merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang beraliran neo-klasikal, dipadu dengan pengaruh lokal, dan dibangun pertama kali pada tahun 1828.

    Museum ini memiliki desain interior yang menarik, ditambah teknologi modern seperti adanya display elektronik dan penggunaan televisi plasma pada ruang teaternya. Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh museum ini adalah sebuah booth dengan latar uang pecahan Rp10.000 lama, di mana pengunjung dapat berfoto dengan mengganti wajah R.A Kartini yang terdapat di pecahan uang tersebut dengan wajah mereka.

    via www.balispectacular.com

    5. Museum PASIFIKA, Nusa Dua, Bali
    Museum PASIFIKA, Nusa Dua, Bali, merupakan salah satu museum seni terbesar se-Asia Pasifik. Terdapat sekitar 600 karya seni dari 200 seniman yang berasal dari Indonesia, Malanesia Pasifik, dan Polinesia, serta beberapa negara lain di Asia. Tak heran apabila koleksi seni yang dipamerkan di museum ini termasuk yang paling lengkap di dunia. Museum yang berlokasi di BTDC Area Blok P, Nusa Dua, Bali, buka setiap hari dari pukul 10.00 – 18.00 WIB.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES