1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 


  5. Reporter : Denisa    12 Februari 2015 09:30

    Kenali Makanan Khas Sabang dan Merauke

    Dua wilayah di area paling ujung barat dan timur Indonesia punya panganan yang mengundang selera.

    Feed - Daya magis Indonesia bukan hanya dari kecantikan alamnya yang membentang dari ujung barat sampai timur. Beragam makanan dengan corak rasa berbeda juga bisa mengundang pelancong untuk mencoba.

    Jika di Kota Sabang, Aceh, wilayah paling barat Indonesia memiliki aneka macam mie dan sate yang nikmat untuk disantap, maka di ujung timur, Merauke, terdapat makanan berbahan dasar sagu.

    Bagaimana penampakan makanan khas Sabang dan Merauke ?

    Sabang :

    1. Mie Jalak

    via tesyasblog.com

    Mie Jalak hanya dapat ditemukan di Sabang, tepatnya di Toko Pulau Baru, Jalan Perdagangan. Mie ini bernama Jalak sesuai dengan nama pembuat pertamanya yaitu Pak Jalak. Biasanya, toko mie satu ini buka sore hingga malam hari dengan harga satu porsi mie Rp10.000 hingga Rp.12.000. Selengkapnya Makanan Khas Sabang via travel.detik.com.

    2. Sate gurita

    via republikindonesia.net

    Sate gurita bumbu kacang via republikindonesia.net

    Sate gurita bumbu padang via republikindonesia.net

    Makanan khas Sabang yang lainnya ini tak lain berupa sate dengan bahan hewan laut gurita dengan dua rasa, bumbu kacang dan bumbu padang. Anda hanya bisa mendapatkan sate gurita ini di Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) Sabang, dimulai pada jam 19.00 WIB hingga 23.00. Harga satu porsi sate gurita sama seperti Mie Jalak yaitu Rp10.000. Selengkapnya Makanan Khas Sabang via travel.detik.com.

    3. Mie Pingsun 

    via mytrans.com

    Mie Pingsun ini berisi aneka macam makanan laut atau seafood. Mie dimasak dengan berbagai potongan seafood seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan membuat mie ini masuk makanan khas Sabang. Panganan ini hanya dapat dibeli di Toko Aneka Ria Sabang. Selain itu, aneka mie khas Sabang juga diketahui ada yang bernama Mie Sedap. Mie Sedap tersedia di Toko Sedap dengan sajian mie berisi irisan daging. Selengkapnya Makanan Khas Sabang via travel.detik.com.

    Merauke

    1. Papeda

    via citizendaily.net

    Papeda, itulah makanan khas Merauke, terbuat dari sagu disajikan lengkap dengan sayur ikan tongkol kuah kuning dan kuah asam. Selengkapnya Cerita Merauke, Cerita Papeda via pegi-pegi.com. Selamat mencoba!

    (zzu)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES