1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    29 Desember 2014 11:15

    Rupa Bangunan Futuristik Penangkal Bencana

    Ada yang menyerupai cangkang siput, di atas air laut, hingga di bawah tanah. Bangunan mewah ini siap jadi pelindung manusia dari bencana

    Feed - Bencana selalu mendatangkan gejolak bagi manusia. Tsunami, angin tornado, hingga gempa bumi menjadi pilu yang tak pernah hilang dari ingatan. Tak hanya merenggut banyak jiwa, bangunan yang awalnya berdiri kokoh dalam sekejap sama rata dengan tanah setelah terhempas bencana alam.

    Manusia sudah siap dengan masa depan. Namun struktur bangunan di sebagian besar belahan dunia tidak dirancang untuk menahan bencana alam yang paling banyak merusak.

    Bertahun-tahun sudah para arsitek mengembangkan berbagai bangunan anti-bencana. Futuristik dan elegan. Bentuknya ada yang menyerupai cangkang siput, di atas air laut, hingga di bawah tanah. Berikut ini bangunan futuristik penangkal bencana:

    1. Floating Hotel

    Floating Hotel via ashtarcommandcrew.net

    Bangunan anti-bencana yang satu ini punya bentuk yang unik dan mampu menampung 10.000 orang untuk hidup di masa depan. Bangunan ini bisa mengapung di atas air dan menggunakan sel surya transparan pada permukaan luar dan generator angin pusat, sehingga akan menjadi bangunan yang seimbang dengan alam. Baca selengkapnya di Floating Hotel.

    2. Powered Volcano Towers

    Volcano Towers via inhabitat.com

    Bentuknya sedikit aneh memang. Tapi dilihat dari fungsinya, bangunan ini jauh dari kata buruk. OFIS Arsitektur mengembangkan konsep sebuah bangunan yang disebut All Seasons Tent Tower. Sistem beton pada bangunan mampu melindungi manusia dari gempa bumi dan jadi tempat tinggal yang layak, lengkap dengan apartemen, toko-toko, restoran dan hiburan. Baca selengkapnya di Volcano Towers.

    3. Lilypad Floating City Concept

    Lilypad Floating City via gizmag.com

    Lihat struktur bangunan masa depan yang satu ini, mengapung di atas air. Vincent Callebau lah manusia yang ada dibalik bangunan hebat ini. Dia menciptakan sebuah struktur kota mandiri yang dapat mencakup 50.000 jiwa bersama dengan kehidupan ternak dan tanaman untuk memberi makan hewan. Baca selengkapnya di Lilypad Floating City.

    4. Proof Dome House in Florida

    Dome House via mnn.com

    Ini adalah rumah anti badai yang dibangun di atas atan seluas 6000 meter kubik di Pensacola Beach, Florida. Bangunan ini dikonstruksi menggunakan beton dan baja, sehingga dapat menahan 4 kali terjangan badai sekaligus. Baca selengkapnya di Proof Dome House.

    5. Floating Apartment Complex

    Floating Apartment Complex via revivemagazine.net

    Satu lagi muncul apartemen mengapung di negeri kincir angin. Komplek yang diberi nama The Citadel ini memiliki 60 apartemen di dalamnya. Jadi komplek untuk mengantisipasi banjir, bangunan ini kental dengan kesan mewah dan minimalis. Baca selengkapnya di Floating Apartment Complex. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES