1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    18 Mei 2015 12:30

    Selain Diminum, Ini Kegunaan Luar Biasa Kopi

    Kopi tak hanya bisa dirasakan ketika diminum saja.

    Feed - Untuk sebagian orang mungkin tidak bisa melewati hari tanpa kopi. Menariknya, manfaat kopi bukan hanya bisa dirasakan ketika diminum saja, melainkan punya khasiat luar biasa untuk kesuburan tanaman, kesehatan rambut, bahkan perawatan hewan peliharaan.

    Apa saja kegunaannya? Berikut penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari soshiok.com.

    Menyingkirkan kutu pada hewan

    via entertainmentaroundtheworld

    Kopi bisa jadi obat penangkal kutu pada hewan berbulu kesayangan Anda. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu mengoleskan ampas kopi pada anjing setelah mandi atau campuran ampas tersebut dalam shampo anjing untuk mencegah datangnya kutu.

    Mengusir hama kebun

    via blackgold.bz

    Bagi para pecinta tanaman, datangnya hama pasti membuat Anda jengkel. Untuk pencegahaan sederhananya Anda bisa memanfaatkan kopi agar tanaman Anda bisa terus subur. Taburkan bubuk kopi di sekitar tanaman Anda untuk melindungi mereka dari hama kebun seperti semut dan siput.

    Menghilangkan minyak pada rambut

    via wikihow.com

    Kopi adalah abrasif alami. Agar rambut Anda tetap sehat dan terhindar dari minyak, Anda hanya perlu menambahkan beberapa bubuk kopi ke shampo Anda. Bukan cuma itu, bubuk kopi juga bisa membantu untuk melembutkan dan memberi efek bersinar pada rambut Anda.

    Membersihkan noda

    via soshiok.com

    Jika Anda punya kesulitan menghilangkan noda pada kain, coba lakukan hal itu menggunakan kopi. Taburi bubuk kopi pada kain pembersih untuk menghilangkan noda berlapis di dapur Anda.

    Mengelupas kulit mati

    via blissfulbelle

    Sifat abrasif dari ampas kopi bisa mengangkat sel kulit mati dari kulit. Caranya, Anda hanya perlu menambahkan beberapa air hangat atau minyak kecantikan favorit Anda pada kopi dan mulai menggosok.

    Menghilangkan bau pada jari tangan

    via thekitchn.com

    Meninggalkan jejak bau tak sedap pada jari memang menyebalkan. Biasanya hal itu bisa terjadi saat kita memotong bawang. Untuk menghilangkan bau, coba gosokkan beberapa bubuk kopi di tangan Anda setelah memotong makanan bau tersebut.

    Melunakan daging

    via pinterest.com

    Lumuri daging dengan biji kopi dan dan bubuk penyedap rasa untuk mendapatkan daging lunak dan punya cita rasa asap.

    Baca juga: Jangan Minum Kopi Pada Jam Ini

    5 Kopi Terkuat di Dunia, Salah Satunya Bernama "Jawa"

    Perbedaan Pribadi Penyuka Kopi dan Teh

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES