1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    15 September 2015 17:09

    5 Bahan Alami Penyembuh Luka dan Gores di Kulit

    Bahan alami efektif dan terjangkau ini mampu menyembuhkan serta menyamarkan bekas luka.

    Feed- Bahaya datang dari mana saja dan kapan saja. Salah satunya aktivitas di dapur yang berurusan dengan pisau atau benda tajam lainnya. Benda tersebut tak jarang membuat tangan ataupun kulit Anda terluka. Jika dibiarkan, luka tersebut akan membekas dan menjadi cukup serius.

    Untuk itu, Anda perlu menyembuhkan luka dengan cara mudah, cepat, dan terjangkau. Seperti yang dilansir Prevention, ada beberapa bahan alami penyembuh luka dan gores di kulit.

    1. Madu

    via: hariansehat.com

    Sejak 2000 Sebelum Masehi, madu telah digunakan sebagai penyembuh luka di Mesir. Para ilmuwan mengatakan bahwa madu mengandung anti-oksidan, asam amino, vitamin, dan mineral. Zat itulah yang mampu membunuh bakteri dan jamur yang menginfeksi luka. Caranya pun cukup mudah dengan mengoleskan madu di bagian tubuh yang terluka.

    2. Minyak pohon teh

    via: www.perpustakaanindonesia.com

    Minyak pohon teh memang baik untuk pembuatan shampom Minyak tersebut juga memiliki khasiat lain yaitu bermanfaat untuk menyembuhkan luka secara cepat dan efisien. Bahkan Rumah Sakit Good Sherpherd, di Texas, AS, menggunakan minyak ini untuk menyembuhkan luka pada pasien yang mengalami infeksi dan peradangan.

    3. Minyak peppermint dan kayu manis

    via: daftarcara.com

    Para ilmuwan dari American Chemical Society menemukan bahwa peppermint dan kayu manis mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menyembuhkan luka. Bila peppermint dan kayu manis digabungkan, anti-biotik dan anti-bakterinya bercampur. Hal ini sangat baik untuk menyembuhkan sekaligus memudarkan bekas luka.

    4. Minyak lavender

    via: soloraya.com

    Minyak lavender dikenal memiliki aroma khas dan menenangkan. Selain aromanya, minyak lavender juga dipercaya sebagai bahan yang efektif untuk menyembuhkan luka. Para ahli bahkan menyarankan untuk mengoleskan minyak lavender pada bagian yang terluka.

    Baca Juga:

    6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan

    Khasiat Super Berjalan Telanjang Kaki

    Khasiat Super Buah-buahan Indonesia

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES