1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    2 Maret 2015 12:55

    Begini Cara Gula Merusak Tubuh Anda

    Gula tidak memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral, atau enzim.

    Feed - Asupan gula ke dalam tubuh memang menjadi bahan bakar bagi tubuh dan otak Anda untuk bekerja maksimal. Namun jika terlalu banyak, gula mampu merontokan tubuh Anda secara perlahan.

    Alasannya, gula tidak memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral, atau enzim. Dengan begitu, asupan gula berlebih sangat berisiko menggerogoti tubuh. Seperti dilansir healtmeup.com, berikut adalah cara gula membahayakan tubuh Anda.

    1. Merusak jantung

    via knightwicksurgery.co.uk

    Hati-hati jika Anda pecinta makanan manis. Perhatikan asupan gula yang masuk ke tubuh Anda. Jika berlebih dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hal itu disebabkan karena gula mempengaruhi mekanisme pemompaan jantung Anda, meningkatkan obesitas, trigliserida, kolesterol jahat, glukosa darah dan kadar insulin, serta memungkinan Anda menderita gagal jantung .

    2. Merusak gigi

    via tomahawkdentist.com

    Gula adalah salah satu sumber energi yang sangat mudah dicerna tubuh. Hal itu akan mengakibatkan bakteri dalam mulut Anda berkembang biak dengan cepat. Bakteri itu dapat menyebabkan masalah pada gigi yang meliputi rongga, enamel, penyakit gusi, dan kerusakan gigi lainnya.

    3. Penyebab berat badan

    via cyprus-mail.com

    Glukosa dalam gula punya sifat yang mampu membuat Anda merasa kenyang. Sementara fruktosa justru punya sifat sebaliknya yang membuat Anda merasa lapar. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang yang minum minuman dipermanis oleh fruktosa merasa akan merasa lapar. Sedangkan orang-orang yang minum minuman manis dengan gula akan merasa kenyang.

    Hal itu disebabkan karena glukosa menurunkan kadar hormon rasa lapar dan baik untuk tubuh. Biasanya, glukosa dapat ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, kentang, madu dan biji-bijian. Sedangkan fruktosa tidak diperlukan oleh tubuh dan ditemukan pada gula biasa dan pemanis lainnya.

    4. Penyebab Diabetes

    via hrmc.org

    Penumpukan glukosa dalam aliran darah bisa berbahaya bagi tubuh. Resistensi insulin semakin buruk, pankreas tidak dapat mengikuti permintaan sebagai yang diperlukan tubuh untuk menjaga kadar gula darah rendah. Dari tahap tahap itu, kadar gula darah akan melambung yang berakhir pada penyebab diabetes tipe 2.

    5. Penyebab penuaan dini

    vai perawatankulitmu.com

    Mengonsumsi gula terlalu banyak juga punya dampak nyata yang terlihat langsung oleh mata. Kulit Anda perlahan akan keriput dan berisiko menderita penyakit kulit kronis.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES