1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Indra    16 September 2015 12:05

    Begini Beda Kepribadian Si Anak Sulung, Tengah, dan Bungsu

    Apa yang menjadi perbedaan antara anak pertama, anak tengah, dan si bontot?

    Feed - Urutan kelahiran seseorang ternyata menunjukkan kepribadian mereka. Contoh paling umum, karakter si anak bungsu terkenal sebagai pribadi yang manja, selalu menjadi prioritas orang tua, dan kerap mencari perhatian.

    Pertanyaannya, apa yang menjadi perbedaan antara anak pertama, anak tengah, dan si bungsu? Seperti dilansir huffingtonpost.com, seorang psikolog, Dr. Kevin Leman, mengatakan bahwa ragam karakter yang tertanam pada mereka didapat dari cara belajar dalam keluarga. Lalu bagaimanakah kepribadian ketiganya?

    Anak tertua

    via huffingtonpost.com

    Menurut Leman, anak sulung cenderung berorientasi pada sebuah prestasi, sering tampil, dan berkembang dalam posisi kepemimpinan. Hal tersebut dibuktikan pada sebuah penelitian di University of Georgia. Hasilnya menunjukkan bahwa anak sulung adalah pribadi yang paling mungkin untuk memegang peran kepemimpinan dan berjuang untuk prestasi.

    Tak hanya itu, studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Child Development juga menemukan bahwa anak-anak sulung lebih mungkin untuk bermanifestasi sebagai pribadi yang berusaha untuk menyenangkan orangtua. Si sulung juga selalu berusaha melakukan hal baik di sekolah atau di tempat kerja.

    Anak tengah

    via globalpost.com

    Laman mengatakan, si anak tengah ini cenderung memiliki pribadi yang bijaksana. Dia kerap menjadi penengah dalam suatu masalah, dikenal ramah, dan loyal. Pada sebuah penelitan tahun 2010, seorang anak yang punya urutan lahir tengah akan tumbuh menjadi anak yang ramah, setia dalam hubungan, dan pandai menjalin hubungan orangtua.

    Anak bungsu

    via sheknows.com

    Beda dengan si sulung, si bungsu ini punya kepribadian yang lebih kreatif, pemberontak, dan sering kali mencari perhatian. Hal ini diakibatkan dari cara orangtua mengubah cara asuh dari si anak tertua hingga anak bungsu. Pada posisi ini, orangtua sering lepas tangan. "Anak-anak Bungsu lebih manipulatif, mereka tahu bagaimana untuk mendapatkan perhatian orang-orang," kata Leman.

    Baca juga:

    6 Pelajaran Hidup dari Ibu Pekerja pada Anaknya

    5 Perilaku Orangtua Ini Menjegal Kesuksesan Anak

    Begini Cara Gadget Rusak Otak Si Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES