1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    29 Mei 2015 10:00

    Tes Buta Warna, Ada Berapa Warna Pada Gambar Ini?

    Tak semua manusia mampu melihat warna dengan cara yang sama.

    Feed - Sebarapa andal Anda mampu melihat jenis warna? Faktanya, tak semua manusia mampu melihat warna dengan cara yang sama.

    Sejatinya manusia secara umum hanya mengenal tujuh jenis warna populer yakni warna pelangi --merah, jingga, hijau, kuning, biru, nila, ungu. Padahal, di luar itu semua masih banyak jenis turunan warna yang mungkin kita tidak mengenal apa sebutannya.

    Ada yang mampu melihat, ada juga yang merasa kesulitan. Kepandaian seseorang mengenali warna tergantung pada seberapa banyak mata Anda memiliki kerucut atau reseptor warna.

    Profesor Diana Derval, seorang ahli neuro marketing, baru saja memberikan tes yang menarik untuk menentukan sebarapa banyak Anda memiliki reseptor warna. Caranya mudah, Anda hanya perlu menebak ada berapa banyak pada kotak ini dan Anda bisa mengetahui kesehatan mata.

    via littlethings.com

    Kurang dari 20 warna
    Jika Anda menebak kurang dari 20 warna, itu tandanya Anda hanya memiliki dua kerucut mata reseptor warna yang secara medis disebut dengan dikromat. Dikromat adalah keadaan mata yang hanya memiliki dua sel kerucut yang menyebabkan buta warna sebagian dan hanya bisa mengkombinasikan dua warna.

    Antara 20 dan 32 warna
    Anda yang hanya bisa menebak 20 sampai 32 warna berarti Anda memiliki tiga jenis kerucut di mata yang juga biasa disebut dengan trikromat. Menurut Dervals, 50 persen dari populasi manusia adalah trikromat.

    Antara 32 dan 39 warna
    Jika Anda mampu menebak di kisaran angka ini, berarti Anda memiliki mata seperti lebah atau tetrachromat. Dervals mengatakan jenis-jenis orang ini memiliki empat jenis kerucut. Manusia dengan kelebihan ini mampu melihat seratus kali lebih banyak warna daripada manusia pada umumnya.

    Lebih dari 39 warna
    Jika Anda melihat lebih 39 jenis warna, coba periksa kembali kesehatan mata Anda. Karena menurut Dervals, dalam kotak warna itu hanya ada 39 warna yang berbeda.

    Baca juga: Ketahui Kesehatan Anda Dari Warna Mata

    Tato Kelopak Mata, Keren Atau Menakutkan?

    Hal Sederhana yang Seksi di Mata Wanita

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES