1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Zika    15 Oktober 2015 12:50

    Tips Turunkan Panas Anak dari Orangtua Berpengalaman

    Komentar yang Anda kirim menghasilkan ragam tips turunkan panas berikut untuk anak.

    Feed - Beberapa hari lalu, awak FEED.ID menanyakan tips dari para ibu yang sudah pernah berpengalaman menurunkan panas anak. Cara yang dilakukan bisa bermacam-macam, modern, ataupun tradisional. Ternyata hasilnya pun luar biasa. Para ibu yang kami sebutkan berikut memberi panduan yang dianggap cukup ampuh menyehatkan si buah hati.

    via kckidsdoc.com

    Eva Pratiwi misalnya, ibu dari Uniba Banyuwangi ini menyarankan,"Bawang merah diparut, diberi minyak dan minyak telon. Dibalurkan di seluruh tubuh dan kepala kecuali muka." Ibu lain yakni Indah Murniati coba memberi saran yang lebih modern berupa,"Kompres, beri paracetamol. Kalau tidak sembuh, bawa ke dokter."

    Saran lebih sederhana disuarakan Risska Indriasari Gunawan. Dia menyarankan agar jangan menambah jumlah pakaian yang dikenakan anak,"Jangan dipakaikan pakaian yang tebal yang membuat badannya semakin panas karena keringat yang tertahan untuk dikeluarkan. Lalu kompres dengan air di bagian kepala."

    (Baca juga: Apakah Anak Anda Benar-benar Membutuhkan Antibiotik?)

    via www.kidspot.com.au

    Kaum pria pun tidak mau ketinggalan memberi bantuan saran. Ayah siaga dalam wujud Hendra Nurdi menyarankan agar ada kontak fisik dengan anak. Cara ini selain ampuh, juga bisa menguatkan ikatan batin dengan buah hati.

    "Cara cepat untuk turun panas dengan cara buka baju anak dan Anda. Lalu peluk erat badan anak biar kulit bersentuhan cukup lama. Akan terasa panas badan anak menyerap ke tubuh Anda. Bila sudah turun panasnya, gosok punggung serta sendi lengan. Siapkan selalu obat penurun panas," kata Hendra.

    (Baca juga: 4 Perbuatan Orang Tua Ini Membuat Anak Sedih)

    Sementara ayah siaga lainnya, Mulyawan, memberi tips dengan pengompresan. "Karena otak merespon panas di kepala sehingga menurunkan suhu dalam tubuh," ujarnya.

    Demikian sedikit panduan yang bisa kami bagikan pada Anda para orangtua. Tips lainnya akan kami berikan di artikel berikutnya. Apabila Anda memiliki saran mengenai sebuah tips yang ingin diketahui, silakan isi kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

    Baca juga:

    Para Seleb Ini Punya Anak Dulu, Menikah Belakangan 

    Anak-Anak Imut Penerus Kerajaan Dunia

    Cara Cerdas Kurangi Asupan Gula Pada Anak

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES