1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    31 Desember 2014 08:03

    6 Fobia Teraneh di Dunia

    Gangguan psikologi ini tidak hanya berbicara dengan rasa takut saja. Melainkan juga bisa menghambat kehidupan orang yang mengidapnya.

    feed - Wajar rasanya setiap manusia punya rasa takut atau fobia terhadap hal tertentu. Banyak orang yang salah mengartikan fobia dan mengasumsikan bahwa fobia sama dengan rasa ngeri.

    Faktanya, fobia tidak sesederhana dengan rasa ngeri yang kerap timbul seketika. Fobia ini memiliki tahapan yang setingkat lebih para dari rasa ngeri.

    Gangguan psikologi ini tidak hanya berbicara dengan rasa takut saja. Melainkan juga bisa menghambat kehidupan orang yang mengidapnya.

    Gangguannya pun beragam dan aneh. Ada yang takut dengan sekolah, takut pohon, hingga jomblo. Berikut ini adalah jenis fobia aneh yang benar-benar ada di seluruh dunia.

    1. Takut kencing di toilet umum

    Fobia ini terbilang cukup mengerikan bagi penderitanya. Untuk orang yang mengidap fobia Paruresis, ini pastinya akan mengalami kesulitan ketika beraktivitas di luar rumah.

    Di Tanah Air memang belum pernah ditemukan syndrom atau fobia seperti ini. Tapi di Amerika, Paruresis sudah mempengaruhi sekitar 17 juta orang.

    Penderita fobia ini biasanya akan berusaha sekuat tenaga untuk menahan diri untuk buang air kecil atau besar, ketika berada di tempat kerja, sekolah atau saat menjalani aktivitasnya.

    2. Dendrophobia (takut pada pohon)

    Beberapa orang menganggap keberadaan pepohonan yang menjulang tinggi dengan warna daun hijau, bisa menenangkan dan menimbulkan rasa damai. Tapi tidak bagi mereka yang mengidap fobia dendrophobia. Mereka memiliki rasa takut berlebihan terhadap keberadaan pohon.

    Mereka yang memiliki rasa takut terhadap pohon ini memiliki kecemasan bahwa pohon akan jatuh dan menimpa dirinya.

    3. Atelophobia (takut ketidaksempurnaan)

    Atelophobia adalah keadaan di mana seorang individu menunjukkan rasa takut yang ekstrem gagal untuk mencapai kesempurnaan dalam setiap tindakan, ide, atau kepercayaan yang mereka miliki.

    Pengidap fobia ini akan lebih sering mengalami stres yang luar biasa, sangat kritis kepercayaan diri terhadap apa yang mereka katakan atau lakukan. Sikap atau rasa atelophobia biasanya berawal dari rasa tidak yakin atau malu yang mengunung akan kata-kata sumbang, sampai takut ditertawakan masyarakat.

    4. Anuptaphobia (takut menjadi lajang)

    Fobia Anuptaphobia yang memiliki kecendurngan ketakutan dalam keadaan single atau lajang.

    Namun celakanya, bagi penderita fobia ini mereka punya ketakutan yang berlebih dan berpikir bahwa mereka akan menjadi jomblo selamanya dan
    takut menikahi orang yang salah. Parahnya lagi, penderita Anuptaphobia bisa bertindak tak masuk akal seperti memilih sembarang orang untuk dijadikan pasangan atau bahkan cepat menikah tanpa berpikir panjang.

    5. Phartophobia (rasa takut buang gas di tempat umum)

    Fobia ini terbilang cukup langka. Namun pada kenyataannya ketakutan ini terjadi dan ada di dunia.Phartophobia namanya.

    Ketakutan akan hal ini mengakibatkan hal yang sama dengan pengidap Paruresis dimana mengalami kesulitan ketika beraktivitas di luar rumah. Karena menahan buang gas alias kentut, memiliki efek negatif bagi tubuh yakni mengakibatkan tekanan parsial di rongga usus lebih tinggi dari padan tekanan parsial didalam darah.

    6. Schlionophobia (takut sekolah)

    Sangat disayangkan jika ada anak mengidap fobia yang satu ini. Schlionophobia merupakan fobia yang sangat spesifik yakni takut sekolah.

    Hal itu terjadi karena sang pengidap (anak-anak) takut untuk meninggalkan rumah (agoraphobia) dan orang tua mereka. Fobia ini juga kadang-kadang dikaitkan dengan sophophobia, di mana materi pembelajaran terlalu banyak dapat menyebabkan nilai yang buruk. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES