1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 


  5. Reporter : Indra    8 Januari 2015 11:11

    Pilot-pilot Heroik Penyelamat Ratusan Penumpang

    Ratusan penumpang selamat dari maut berkat aksi heroik pilot-pilot ini.

    Feed - Berprofesi sebagai pilot tentunya tidaklah mudah. Apalagi mereka yang bertugas untuk mengendalikan pesawat komersil. Selain berhadapan langsung dengan alam, para pilot juga menggenggam keselamatan nyawa para penumpangnya.

    Dari sejumlah peristiwa kecelakaan pesawat yang terjadi, rupanya tak seluruhnya berakhir dengan tragis.

    Seperti kisah di bawah ini, di mana para pilot berhasil mendaratkan pesawat meski dalam keadaan darurat. Pilot-pilot ini jadi penyelamat yang berhasil menghindari penumpang dari maut. Siapa saja mereka? Berikut kisahnya.

    1. Tadeusz Wrona

    via wiadomosci.wp.pl

    Di tahun 2011 nama Tadeusz Wrona sontak menjadi heboh seantero Amerika Serikat setelah ia berhasil mendaratkan pesawat Boing 767 dari New Wark, New Jersey, Amerika Serikat. Ketika itu Wrona mendaratkan sebuah pesawat berpenumpang 220 dan 11 kru tanpa roda.

    Saat mendarat api berkobar akibat gesekan langsung body pesawat dengan jalan. Asap pun mengebul. Tapi nyantanya pesawat yang ditungganginya berhasil selamat dan mendarat mulus. Presiden Direktur LOT Polish Airlines Bronislaw menyebut Wrona sebagai penyelamat. Baca selengkapnya Wrona Selamatkan 220 penumpang dan 11 kru Pesawat.

    2. Dennis Edward Fitch

    via confessionsofatrolleydolly.com

    Pertengahan Juli 1989 pesawat DC-10 milik United Airlines dengan tujuan Denver - Chicago terpaksa harus mendarat secara darurat di ladang jagung. Pesawat berpenumpang 300 orang itu hilang kendali setelah mesin di bagian ekor meledak dan mematikan system hidrolik.

    Mustahil rasanya ketika pesawat yang terbang di ketinggian 37.000 kaki bisa selamat. Namun Dennis Edward Fitch berhasil meminimalisir semua. Dari 300 penumpang 112 orang meninggal. Berkat aksi heroiknya, Dennis dikenal sebagai sosok paling dikagumi dalam dunia penerbangan. Baca selengkapnya Edward Dikagumi Dalam Sejarah Dunia Penerbangan

    3. Chesley ‘Sully’ Sullenberger

    via purdue.edu

    Chesley ‘Sully’ Sullenberger sudah pensiun dari US Airways pada tahun 2010 silam. Tapi namanya tak lepas dari sejarah p[enerbangan dunia. bagaimana tidak, pria ini berhasil menyelamatkan 155 penumpang pesawat dari maut.

    Ketika itu Sullenberberger pesawat US Airways 1549 yang ditungganginya menabrak gerombolan burung yang menyebabkan kedua mesinnya kekurangan tenaga. Dengan tenang Sullenberg mendaratkan pesawatnya di atas Sungai Hudson. Tak ada korban jiwa, aksi heroiknya menyelamatkan 155 penumpang dari maut. Baca selengkapnya Aksi Heroik Sullenberger.

    4. Anwar Haryanto

    via tempo.co

    Tak hanay pilot mancanegara saja yang punya ksiah sebagai penyelamat pesawat. Anwar Haryanto namanya. Pilot yang satu ini pernah menjadi penyelamat setelah pesawatnya harus mendarat tanpa roda di Bandara Hang Nadim, pada Senin 23 Februari 2009 silam.

    Keberhasilan Kapten Pilot Anwar Haryanto mendaratkan pesawat tanpa roda depan membuat banyak pihak mengacungkan jempol. Dari aksinya itu 162 penumpang dan aset perusahaan selamat. Baca selengkapnya Anwar Selamatkan 162 Penumpang di Bandara Hang Nadim.

    5. Abdul Rozaq

    via .jpnn.com

    Mendengar nama pilot yang satu ini mengingatkan kita pada peristiwa heroiknya ketika berhasil pesawat Garuda Indonesia di area persawahan. Saat itu ia membawa 101 penumpang.

    Di perjalanan pesawatnya berhadapan dengan cuaca buruk. Mesin pesawat Garuda Indonesia Boeing 7373 mendadak mati. Dengan kecepatan 550 knot dan ketinggian 23.000 kaki, pilot Abdul Rozaq memutuskan untuk melakukan pendaratan di tengah persawahan.

    Syukurnya, Tuhan masih memberi kemuliaan bagi awak dan penumpang Boeing 737 itu. Seluruh penumpang dan kru selamat kecuali satu pramugrai yang duduk dibagian ekor pesawat. Baca selengkapnya Pendaratan Darurat Abdul Rozaq Selamatkan Penumpang. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES