1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Zika    7 Oktober 2015 16:28

    Pilu, Beginilah Penampakan Kabut Asap Indonesia dari Satelit NASA

    Manusia mana yang tahan hidup dengan asap mencekik macam ini?

    Feed - Masalah kabut asap menjadi problema tahunan yang tidak kunjung selesai di Indonesia. Untuk tahun 2015 ini dianggap salah satu yang terburuk karena Indonesia tengah mengalami El Nino. Di mana cuaca akan terus kering dalam waktu panjang sementara curah hujan tidak ada sama sekali.

    Kondisi ini digambarkan oleh peneliti dari Columbia University, Robert Field, mirip dengan kondisi di tahun 1997 yang termasuk situasi luar biasa. "Kondisi di Singapura dan dan tenggara Sumatra mirip dengan tahun 1997. Apabila diperkirakan cuaca musim kering masih panjang, maka tahun 2015 akan tercatat sebagai salah satu yang terparah," kata Field dikutip dari WowShack.com, Selasa, 6 Oktober 2015.

    Kondisi memilukan ini bahkan terekam satelit Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA). Menurut keterangan resmi dari badan ini, kondisi kabut asap Indonesia lebih parah dibanding tahun 2013.

    via www.nasa.gov

    Dikutip dari situs resmi NASA, hutan gambut menyimpan potensi api yang besar. Api yang disulut secara sengaja ataupun tidak, akan menimbulkan kebakaran yang sulit dikontrol. Lahan gambut yang terbakar juga akan menghasilkan asap yang tebal dan pekat. Asap macam inilah yang berkontribusi besar dalam terjadinya emisi rumah kaca di seluruh dunia.

    via www.nasa.gov

    Sebagai perbandingan, foto satelit di bawah ini adalah yang terjadi di tahun 2013. Lihat perbedaan jelas banyaknya asap yang menyelimuti wilayah Nusantara antara tahun tersebut dengan tahun 2015.

    via www.nasa.gov

    Baca juga:

    Terungkap, Kapan Hujan Akan Mengguyur Indonesia

    5 Jamu Asli Indonesia, Lebih Manjur Dari Resep Dokter 

    Ragam “Tongsis” Kreasi Indonesia, Dijamin Bikin Terbahak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES