1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    22 Oktober 2015 10:43

    Inilah Penyakit Kulit yang Paling Sering Dialami Wanita Indonesia

    Penyakit ini kerap dialami wanita hamil dan mereka yang kerap terpapar sinar matahari.

    Feed - Pernahkah Anda melihat wajah seseorang dengan warna kulit yang berbeda? Di mana sebagian kecil kulit wajahnya agak hitam, sedangkan bagian lainnya berwarna normal? Inilah yang disebut dengan melasma yakni suatu kondisi medis yang ditandai dengan munculnya bercak hiperpigmentasi yang dapat timbul di daerah kulit manapun yang telah terekspos oleh sinar matahari secara terus menerus, biasanya di dagu, pipi, dahi, dan bibir atas.

    "Kulit orang Indonesia yang lebih sering mengalami masalah ini apalagi kaum perempuan, dan sering terjadi pada saat kehamilan," tutur dr. Mardianti Ganjardani, SpKK, saat ditemui di acara seminar bertajuk, 'Jangan sembarangan, Cermatlah dalam Merawat Kulit', di bilangan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Oktober 2015.

    via dermaamin.com

    Melasma disebabkan oleh sinar ultraviolet, hormon, dan faktor genetik. Pengobatan pigmentasi adalah cara terbaik, namun saat hamil seharusnya Anda menunda pengobatan ini sampai bayi Anda lahir.

    (Baca juga: 5 Bahan Alami Penyembuh Luka dan Gores di Kulit)

    Untuk pencegahan terhadap melasma tentunya dengan menghindari paparan terhadap sinar matahari dengan menggunakan tabir surya (sunblock/sunscreen). Bisa juga dengan menghindari terpaannya secara fisik dengan menggunakan payung, topi, dan kerudung.

    Jika sudah terkena, pengobatan yang dapat diberikan dengan menggunakan obat topikal yang dioleskan dengan kandungan hidrokuinon, asam azalea, asam kojic, arbutin, dan tretinoin. "Sebagai treatment tambahan dapat dilakukan tindakan seperti chemical peeling, laser, dan mikrodermabrasi," ujar dr. Mardianti.

    via www.thespoiledmamablog.com

    (Baca juga: Bahaya Minum Teh bagi Wanita Hamil)

    Ditambahkan sang dokter bahwa pengobatan melasma membutuhkan waktu yang cukup lama, minimal empat minggu hasil pengobatan sudah dapat terlihat. "Namun hanya sampai beberapa bulan," kata dr. Mardianti lagi.

    Jerawat membandel

    Masalah kulit lainnya yang dibahas dalam seminar yang sama adalah mengenai jerawat. Jerawat adalah  peradangan dari kelenjar minyak yang disebabkan hormon, stres, infeksi, genetik, dan diet yang tidak baik. "Proses terjadinya jerawat adalah sumbatan pori sehingga minyak tidak dapat keluar. Maka terjadi penumpukan lalu timbul komedo hitam/putih, peradangan, dan timbulah jerawat," kata Dr. Yudha Ilhamsyah.

    (Baca juga: Wanita, Make Up yang Anda Terapkan Bisa Mencermikan Kepribadian Anda)

    via www.dischrom.eu

    Untuk menghindari jerawat, Anda sebaiknya makan-makanan sehat, bersihkan wajah dua kali sehari, jangan memecahkan jerawat dengan tangan. Bila terjadi jerawat parah, berobat ke dokter spesialis kulit agar tidak terjadi iritasi.

    "Dermabrasi, terapi hormon, anti-biotik, dan terapi laser cara lain untuk menghilangkan jerawat. Dan, setiap individu hanya memerlukan beberapa obat sesuai dengan keluhan," tambah Dokter Yudha. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Luar Biasanya Kunyit, Pembersih Kulit Hingga Gigi

    Periksa Bagian Tubuh Ini, Kanker Kulit Bisa Berkembang di Situ

    4 "Obat Super" Alami Untuk Kecantikan Kulit

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES