1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    25 Juni 2015 17:16

    Mata Merah Setelah Berenang Karena Air Kencing?

    Air kolam renang menampung banyak jenis kuman

    Feed - Berenang adalah salah satu olah raga favorit keluarga. Selain menyehatkan, aktivitas ini juga menyenangkan, ditambah lagi adanya fasilitas penunjang lain seperti perosotan yang menambah keriangan saat berenang.

    Tetapi, tahukah Anda bahwa air kolam renang menampung banyak jenis kuman? Sebuah laporan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kondisi mata merah setelah berenang bukan disebabkan dari kandungan klorin dalam air, melainkan akibat dari air kencing.

    via wtae.com

    Direktur dari Program Air Sehat CDC, Michael J Beach, menjelaskan bahwa klorin yang disebut dapat menghilangkan kotoran justru mengikat ragam kuman yang menyebabkan iritasi kimia. Beach menyebut, klorin dapat mengikat urin dan keringat. Itu sebabnya, mata memerah usai berenang di dalam air.

    Tak cuma itu, seperti dikutip dari iflscience.com, kuman yang hadir di kolam renang juga benar-benar dapat memperburuk kondisi tubuh seseorang. Mereka yang berenang dalam kondisi sedang mengalami diare ada kemungkinan berpotensi untuk menyebarkan penyakit ke pengguna kolam lainnya.

    via entertainment.ie

    Sebagai langkah pencegahan penyebaran penyakit, Beach mengingatkan pada mereka yang ingin berenang di kolam umum untuk mandi terlebih dulu sebelum melompat ke dalam kolam.

    Baca juga: Lima Penyebab "Mata Panda"

    Selebriti dengan Mata Terindah

    Para Pengguna Kaca Mata Harus Ingat Perkara Penting Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES