1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    18 Maret 2015 15:45

    Panduan Keramas Sesuai Jenis Rambut

    Salah keramas atau keliru memilih sampo bisa menyebabkan rambut rontok.

    Feed - Sebarapa sering Anda mencuci rambut kesayangan Anda? Sejatinya rambut dianggap sebagai mahkota di bagian tubuh manusia. Perawatannya tak sesederhana yang Anda kira, salah merawat rambut bisa mengalami kerontokan atau berminyak.

    Banyak ragam sampo yang tersebar di luar sana. Kandungannya selalu berbeda di tiap kemasannya. Untuk menjaga kesehatan rambut Anda, seperti dilansir womenshealth.com, berikut adalah tips mencuci rambut sesuai jenis rambut Anda.

    1. Rambut keriting

    via short-haircut.com

    Rambut keriting cenderung lebih cepat kering, terutama jika Anda memberinya sentuhan warna. Untuk Anda pemilik rambut keriting dianjurkan untuk mencucinya dua kali seminggu. Sampo yang dikhususkan untuk si rambut keriting ini yakni sampo yang punya formulasi untuk membuat rambut bersinar atau kilau. Kandungan itu punya sifat pelembab yang membantu re-hidrat pada rambut keriting.

    2. Rambut alami

    via kinkycurlycoilyme.com

    Si rambut alami diharamkan untuk terlalu sering mencuci rambut. Meski Anda sering beraktivitas di luar ruangan, dianjurkan untuk mencuci rambut seminggu sekali untuk mencegah kerusakan. Untuk menjaga tetap sehat dan bersih, Anda dapat melakukannya dengan cara membilas rambut tanpa keramas.

    3. Rambut halus

    via montaigneessay

    Banyak wanita yang harus keramas setiap hari untuk mencegah rambut berminyak. Namun, terlalu sering mencuci rambut justru dapat membuat kulit kepala berminyak. Untuk memastikan rambut Anda tetap terjaga, si rambut halus diharuskan untuk tidak menggunakan sampo yang punya kandungan silikon di dalamnya. Karena hal itu dapat membuat rambut Anda tampak lemas dan tak bernyawa.

    4. Rambut ekstensi

    via collegefashion.net

    Masalah utama pada rambut ekstensi adalah akan memunculkan keringat atau minyak berlebih pada rambut. Untuk membawa rambut Anda tetap sehat, Anda harus mencuci rambut setiap hari dan memijat seluruh bagian untuk menghilangkan uap airnya.

    5. Rambut Berwarna

    via unwash.com

    Rambut yang Anda beri warna akan memudar dengan cepat, ditambah dengan bilasan air saat keramas. Agar warna rambut tetap pada warna aslinya, Anda harus mencuci rambut paling banyak tiga kali seminggu. Disarankan untuk tidak menggunakan sampo yang mengandung sulfat. Karena sulfat bisa membuat rambut Anda berminya sekaligus mengupas warna rambut.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES