1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Zika    30 April 2015 10:39

    Begini Panduan Bule Makan di Indonesia

    Jika Anda sebagai warga Indonesia membacanya, Anda akan merasa tergelitik.

    Feed - Indonesia merupakan magnet liburan untuk warga asing dari mancanegara. Khusus untuk warga Barat atau akrab disebut 'bule', ada beberapa panduan yang sebaiknya mereka ikuti sebelum berkunjung ke negara kita. Sebab, ada banyak perbedaan budaya yang akan menimbulkan salah paham jika tidak dimengerti oleh para bule ini.

    Salah satu panduan yang harus mereka pelajari lebih dulu sebelum ke Indonesia adalah cara makan. Sebuah situs about.travel.com memberi panduan macam ini. Jika Anda sebagai warga Indonesia membacanya, Anda akan merasa tergelitik melihat cara pandang Barat terhadap budaya kita.

    via www.youtube.com

    Makan cara Indonesia
    Jangan kaget jika makanan Anda tidak hangat atau hanya berada dalam suhu ruangan. Orang Indonesia pada umumnya tidak memiliki jadwal makan yang tetap. Jadi makanan disiapkan sejak pagi hari dan disajikan sepanjang hari.

    Makanan biasanya dimakan dengan menggunakan tangan --ini juga jadi alasan mengapa makanan tidak disajikan terlalu panas. Jika Anda akhirnya menggunakan tangan, gunakan hanya tangan kanan. Tangan kiri dianggap tidak sopan karena digunakan untuk kepentingan dalam toilet. Ketika sudah selesai makan, cari mangkuk yang berisi air dan jeruk nipis di dalamnya untuk mencuci tangan.

    Sumpit jarang sekali disajikan kecuali Anda memakan mie atau beberapa makanan kaki lima tertentu. Gunakan sendok di tangan kanan dan garpu di sebelah kiri. Dorong makanan ke arah sendok menggunakan garpu, jangan memasukkan garpu dalam mulut.

    via www.lashworldtour.com

    Tidak semua makanan Indonesia itu pedas
    Rempah-rempah Indonesia memang menjadi sumber nikmatnya masakan. Namun bukan artinya semua makanan Indonesia itu pedas. Ia akan memiliki rasa pedas jika memang sudah tertulis demikian. Biasanya Anda akan menemukan sambal (pasta cabai) nyaris di semua meja.

    Sambal ada beragam variasi dan beberapa restoran membuat sambal mereka sendiri menggunakan resep rahasia. Sebelum Anda menggunakan sambal di makanan, pastikan Anda cium dulu aromanya. Dengan demikian Anda bisa mengira apa isinya, apakah terbuat dari udang, ikan, kerang, atau tomat.

    via baltyra.com

    Masakan Padang
    Padang adalah sebuah kota di Sumatera Barat dan merupakan salah satu tipe restoran yang menyebar di Indonesia. Mereka (warga Indonesia) mengisinya dengan makanan yang enak dan murah. Masakan Padang biasanya disiapkan sejak pagi hari dan disajikan terbuka di suhu ruangan. Maka itu jika Anda ingin masakan paling segar, datanglah pagi hari ketika masakan itu baru matang.

    Anda akan diberi banyak pilihan makanan, mulai dari daging, ikan, kari, dengan berbagai variasi harga. Tapi hati-hati, tidak semua yang disajikan di atas meja Anda itu wajib Anda makan. Anda hanya memilih apa yang mau Anda makan dan kemudian akan ditagih atas makanan tersebut.

    via momtravelerblog.wordpress.com

    Makanan kaki lima
    Penjaja makanan kaki lima memiliki beragam panganan nikmat macam sate. Masakan macam ini murah, enak, dan cara mudah berbaur dengan kebudayaan lokal tanpa disajikan dalam porsi besar. Beberapa makanan ini disiapkan sejak pagi hari. Jika Anda tidak yakin dengan kualitasnya, Anda bisa meminta pedagang makanan tersebut untuk memanaskannya lebih dulu.

    Baca juga: Mengapa Bule Benci Duren?

    Buah Indonesia yang Dianggap Aneh oleh Barat

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES