1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    16 September 2015 14:00

    Gula Aren vs Gula Putih, Mana Lebih Sehat?

    Tahukah Anda mana yang lebih sehat untuk dikonsumsi?

    Feed - Dalam dunia kuliner, gula merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting untuk urusan cita rasa. Setidaknya di Indonesia ada banyak jenis gula, dua di antaranya adalah gula aren dan gula putih.

    Dua jenis gula ini biasa digunakan sebagai penyempurna rasa. Namun, tahukah Anda mana yang lebih sehat untuk dikonsumsi? Untuk menjawabnya, mari kita cari tahu bagaimana proses gula diproduksi. Meskipun gula berasal dari tebu, dalam pengolahannya gula selalu melewati banyak proses sebelum kita melihatnya menjadi bentuk bubuk seperti yang beredar secara masal di supermarket.

    via befitgoa.com

    Proses pembuatan

    Bahan dasar yang digunakan adalah batang tebu terbaik. Setelah batang tebu dipanen, mereka dipotong menjadi ukuran kecil untuk dilumatkan dan diambil sari manisnya. Setelah menjadi cairan, biasanya air tebu tercampur dengan beberapa jenis kotoran, seperti lumpur dan potongan batang. Sehingga harus dilakukan proses penyaringan baik secara mekanik maupun kimia menggunakan poliakrilamida. Saat air tebu dirasa sudah cukup bersih, proses selanjutnya adalah merebus cairan tersebut hingga akhirnya gula mulai mengkristal.

    via myrecipes.com

    Hasilnya adalah gula mentah

    Gula yang sudah mengkristal melalui proses panjang itu ternyata masih berwujud gula mentah. Gula jenis ini biasanya dikenal dengan sebutan turbinado. Bentuknya seperti gula pasir dengan warna agak kecoklatan. Warna coklat yang muncul disebabkan karena proses kristalisasi yang sangat besar, sehingga meninggalkan warna tersebut.

    Proses menjadi gula putih

    Gula mentah atau gula turbinado nantinya akan dikirim ke kilang untuk diproses menjadi gula putih. Dalam tahap ini, gula mentah akan dipanakan dan dicairkan kembali untuk menghilangkan warna coklat menggunakan bahan kimia seperti asam fosfat dan kalsium hidroksida, atau kalsium dioksida. Setelah itu, cairan akan direbus untuk tahap kristalisasi membentuk gula putih atau gula halus.

    via effectiveremedies.com

    Kesimpulan

    Seperti dilansir dari laman healthadvisorgroup.com, gula coklat atau gula aren dibuat dengan mengambil gula halus dan campuran molase --produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu yang masih mengandung gula dan asam organik. Molase yang tidak sehat dan tidak mengandung nutrisi penting bagi tubuh.

    Oleh karena itu, gula aren dianggap tidak sehat dibandingkan gula putih. Setiap satu sendok teh gula aren mengandung empat gram gula, yang menambahkan 16 kalori untuk makanan atau minuman Anda.

    Baca juga:

    Manfaat Super Menaruh Campuran Garam Dan Gula di Bawah Lidah

    Cara Cerdas Kurangi Asupan Gula Pada Anak

    Begini Cara Gula Merusak Tubuh Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES