1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    12 Mei 2015 15:53

    Mengapa Jari Anda Berubah Ukuran?

    Terkadang jari Anda singset, terkadang melebar tanpa alasan.

    Feed - Anda yang mengenakan cincin pasti merasakan adanya perubahan ukuran jari. Pada satu waktu jari cincin Anda pas di jari, tapi di waktu lain cincin tersebut malah longgar di jari yang sama. Tenang saja, ini terjadi bukan karena berat tubuh Anda. Melainkan karena beberapa hal berikut seperti dilansir dari healthmeup.

    via boards.weddingbee.com

    Reaksi cuaca
    Tubuh manusia dirancang untuk bereaksi sesuai dengan perubahan cuaca di lingkungannnya. Ketika Anda berada di lingkungan bersuhu dingin, tubuh akan mengusahakan agar bagian di dalam tetap hangat. Dengan cara mengonstriksi pembuluh darah Anda dan mengurangi aliran darah ke kulit.

    Proses ini disebut vasokonstriksi dan diperlukan tubuh karena kulit Anda kehilangan panasnya. Maka itulah tubuh Anda mencoba mengurangi aliran darah ke kaki dan tangan, terutama jari-jarinya. Ini menyebabkan jari-jari Anda menyusut sehingga cincin yang biasa terpasang malah menjadi longgar.

    Begitu pun sebaliknya ketika tubuh Anda berada di lingkungan yang hangat. Tubuh Anda akan mencoba mendinginkan dirinya dengan menghamburkan panas lewat kulit. Proses inilah yang menyebabkan Anda berkeringat di hari panas.

    via boards.weddingbee.com

    Ketika suhu eksternal meninggi, pembuluh darah Anda melebar sehingga aliran darah meningkat dan mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Inilah yang disebut sebagai vasilidasi. Sementara pelebaran pembuluh darah itu menyebabkan jari-jari Anda ikut melebar dan membuat cincin terasa sangat amat pas di jari.

    Namun di luar penyebab cuaca, ada juga penyebab membengkaknya jari-jari Anda. Seperti radang sendi, olah raga, terlalu banyak makanan asin, dan kehamilan.

    Baca juga: Mengapa Bule Benci Durian?

    Mengapa Air Dingin Berbahaya Bagi Tubuh?

    Mengapa Menangis di Kamar Mandi Itu Baik?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES