1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    25 Januari 2015 09:23

    Khasiat Luar Biasa Pisang

    Pisang tidak hanya bisa dikonsumsi. Buah berkulit kuning ini bisa jadi semir sepatu hingga penyembuh luka.

    Feed - Pisang adalah tanaman buah herbal yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara. Buah berkulit berwarna kuning ini kerap kali menjadi makanan penutup seusai makan. Variasi menu olahan pisang pun macam-macam. Ada yang digoreng, dikukus, hingga dijadikan jus segar pelepas dahaga.

    Dari sekian banyak buah yang ada, mungkin pisang jadi salah satu buah yang memiliki manfaat paling banyak.

    Buah ini digadang mampu menjadi penambah stamina dalam berolah raga dan mampu mengurangi depresi, karena tingkat kadar trytophan yang diubah menjadi serotonin mengirimkan mood bahagia ke otak.

    Namun manfaat pisang tidak hanya bisa dikonsumsi saja. Cukup banyak keistimewaan pisang selain bisa dimanfaatkan selain dimakan. Apa sajakah itu?

    1. Obat Jerawat

    via kawankumagz.com

    Untuk wanita, daging buah pisang yang sudah matang juga mampu menjadi masker wajah yang bisa mengobati jerawat. Anda hanya perlu menghancurkan buah pisang yang sudah matang, kemudian dioleskan pada kulit wajah yang berjerawat.

    Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan. Ulangi selama beberapa hari hingga jerawat hilang dan kulit bersih. Baca selengkapnya Pisang Obati Jerawat.

    2. Pupuk

    via malikpedulilingkungan

    Tidak hanya daging buah pisang saja yang bisa dimanfaatkan. Kulit pisang yang kebanyakan orang berpikir tidak punya kegunaan, ternyata memiliki manfaat yang banyak. Salah satunya dapat dijadikan menjadi pupuk.

    Hal ini disebabkan karena kulit pisang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Maka, ada baiknya jika kulit pisang yang Anda makan dimanfaatkan untuk menjadi pupuk. Caranya kulit pisang yang sudah dipotong diletakkan di tanah sekitar tanaman tomat. Baca selengkapnya Pupuk Dari Pisang.

    3. Sembuhkan Luka

    via ramuan-tradisional-leluhur

    Siapa bilang kalau penyembuh luka hanya obat merah? Kulit pisang ternyata mampu menyembuhkan luka ringan seperti gigitan nyamuk atau gigitan serangga. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggosokan kulit pisang ke tempat luka, maka akan mengurangi rasa gatal dan mempercepat penyembuhan. Baca selengkapnya Pisang Obati Luka.

    4. Lunakkan Daging

    via ardiwasilachandra.

    Kulit pisang juga bisa membantu dalam dunia kuliner. Kulit pisang memiliki kemampuan khusus untuk membantu melunakan daging. Tidak sulit melakukannya, kulit pisang yang sudah matang dicuci bersih, kemudian masukkan kulit pisang kedalam panci pemanggang atau oven tempat daging dimasak.

    Dengan begitu kulit pisang akan membuat daging lebih cepat empuk, gurih dan kenyal tanpa mengubah cita rasa dari daging. Baca selengkapnya Pisang Lunakan Daging.

    5. Semir Sepatu

    via tipstriksuper

    Percaya atau tidak kulit pisang juga membantu sepatu Anda terlihat lebih bersih. Kulit pisang mampu menjadi pengganti semir sepatu. Cukup dengan mencampurkan kulit pisang dengan sedikit air, lalu usapkan ke sepatu, sepatu kamu yang terlihat kusam akan kemabli terlihat seperti baru. Baca selengkapnya Semir Dari Pisang. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES