1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    3 Maret 2015 10:42

    Penyebab Sakit Punggung yang Tak Pernah Anda Duga

    Coba atur lagi posisi duduk dan pilihan tas yang Anda gunakan hari ini.

    Feed - Sakit punggung bisa menyebabkan rasa tidak nyaman selama berhari-hari. Rasa sakitnya menjalar mulai dari tulang belakang bagian bawah hingga ke pundak dan tangan. Saat kejadian ini menimpa, Anda tidak terlalu peduli awal penyebab sakit punggung ini karena lebih fokus untuk menghilangkan nyerinya. Padahal ada sederet biang masalah sakit punggung yang disebabkan oleh hal-hal kecil seperti dikutip dari Health Me Up.

    via www.tahrirnews.com

    Kursi kantor
    Kursi tempat duduk selama berjam-jam di kantor bisa berkontribusi besar atas masalah Anda. Saat duduk, Anda cenderung membungkuk dan menekan punggung. Postur ini bisa membuat ligamen di tulang belakang terlalu meregang hingga berpengaruh pada struktur sekitar tulang belakang.

    Alas kaki
    Sepatu juga berperan dalam masalah sakit punggung yang Anda alami. Sepatu yang tidak nyaman digunakan bisa merusak pusat gravitasi Anda hingga menempatkan tekanan lebih pada punggung bagian bawah.

    via www.naturessleep.com

    Kasur yang tidak imbang
    Kasur yang kelewat lembut bisa membuat punggung Anda tenggelam hingga tulang punggung bergeser dari garis lurus yang ideal. Ini membuat otot Anda tertekan.

    Tas pundak
    Makin besar tasnya, makin banyak barang yang Anda bawa. Padahal menambah beban ekstra di satu sisi tubuh adalah salah satu penyebab terbesar munculnya sakit punggung. Pasalnya, tulang punggung jadi melengkung hingga membuatnya rentan masalah.

    via www.scmp.com

    Smartphone dan laptop
    Anda pasti pernah melakukan posisi ini: smartphone dijepit di satu sisi telinga sementara tangan sibuk melakukan pekerjaan lain. Ini merupakan resep tambahan untuk sakit punggung dan kaku leher.

    Kaki menyilang
    Saat duduk dengan kaki menyilang, Anda membuat tulang punggung sulit untuk lurus. Akibatnya Anda membuat otot sekitar paha menjadi tegang hingga menimbulkan risiko tambahan varises.

    via www.usnews.com

    Merokok
    Nikotin mencegah darah mengalir di sekitar tulang punggung sehingga meningkatkan risiko penurunan fungsi tubuh. Merokok juga menurunkan penyerapan kalsium dan mencegah perkembangan tulang. Ini membuat perokok mengalami risiko sakit punggung sebanyak dua kali lipat dibanding mereka yang tidak merokok.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES