1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    22 Februari 2015 12:00

    Aneka Cara Air Membunuh Anda

    Bagaimana jika air yang sangat kita butuhkan ternyata bisa berbalik menjadi penyebab kematian?

    Feed - Tubuh manusia mengandung air sebanyak 55 hingga 78 persen, tergantung ukuran tubuhnya. Agar bisa berfungsi sempurna, tubuh manusia memerlukan satu hingga tujuh liter air per harinya. Namun, bagaimana jika air yang sangat kita butuhkan ternyata bisa berbalik menjadi penyebab kematian? Berikut ragam cara air menjadi musuh mematikan manusia seperti dikutip dari List Verse.

    via www.wikihow.com

    Hipotermia
    Ini adalah kondisi di mana suhu tubuh Anda turun tajam di bawah syarat metabolisme tubuh bekerja. Bagi manusia, suhu ini adalah 35 derajat Celcius. Suhu di bawah angka ini akan membuat tubuh mengigil dan mengganggu keseimbangan mental. Tubuh yang terpapar air dengan suhu 10 derajat Celcius selama satu jam bisa menyebabkan kematian.

    via List Verse

    Melepuh
    Air juga bisa menyebabkan luka bakar pada manusia. Ini terjadi saat air dalam suhu tinggi menyentuh kulit manusia dan menyebabkan luka melepuh hingga kematian. Metode merebus seseorang pernah digunakan sebagai bentuk hukuman di masa lampau.

    Menahan pipis
    Waspadalah Anda yang selalu menahan buang air kecil. Kebiasaan buruk ini mungkin terlihat ringan, namun bisa menyebabkan tewasnya seseorang. Sebab, urin yang ditahan untuk keluar akan menyebabkan infeksi dan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menahan racun di dalam tubuh.

    Tsunami
    Ini adalah bencana alam yang melibatkan air laut yang naik secara ekstrem ke daratan. Bentuknya ombak yang bergulung dengan panjang bisa mencapai 200 kilometer dengan kecepatan 800 kilometer per jam. Dahsyatnya tsunami bisa menghancurkan suatu kota, bahkan negara, dengan tingkat kematian yang tinggi.

    via www.csiro.au

    Keracunan air
    Hati-hati jika Anda terlalu banyak minum air karena itu bisa menyebabkan hidrasi berlebih yang mengacaukan elektrolit dalam tubuh. Kekacauan ini membuat fungsi otak menjadi tidak seimbang bahkan menyebabkan kematian. Meski keracunan air merupakan kondisi yang jarang terjadi, tidak ada salahnya Anda menjaga diri.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES