1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    26 Februari 2015 08:00

    Ini yang Bikin Anda Cepat Gemuk di Kantor

    Seseorang akan bertambah berat badan dalam pekerjaan yang mereka jalani.

    Feed - Sebuah survei yang dilakukan tahun 2013 oleh perusahaan riset Harris Interactive di New York, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa seseorang akan bertambah berat badan dalam pekerjaan yang mereka jalani. Pekerja yang menghabiskan waktu berjam-jam duduk di kursi dan memiliki tingkat stres yang tinggi lebih memungkinkan untuk menambah bobot badan mereka. Seperti dikutip dari health.com, berikut ini adalah hal yang bisa bikin Anda tambun saat di kantor.

    1. Duduk berjam-jam

    via timigustafson.com

    Kurangnya aktivitas fisik selama di kantor jadi penyebab utama mengapa berat badan Anda bertambah saat di kantor. Setidaknya Anda menghabiskan waktu lima sampai sembilan jam untuk berlama-lama di atas kursi. Hal itu menyebabkan lingkar pinggang Anda mengembang jika tidak diimbangi dengan banyak gerakan.

    2. Stres

    via nydailynews.com

    Jika Anda berada dalam posisi tertekan dalam suasana kantor, cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik. Tingginya kadar hormon stres dapat memicu tubuh Anda untuk mengonsumi lemak dan gula. Dalam sebuah studi pada tahun 2014 di Jerman menemukan bahwa stres yang berhubungan dengan pekerjaan merupakan faktor untuk terkena risiko diabetes tipe dua.

    3. Perjalanan panjang menuju kantor

    via telegraph.co.uk

    Selain menghabiskan banyak waktu di atas kursi kerja. Rupanya lamanya perjalanan sampai kantor juga jadi hal yang menyebabkan berat badan Anda bertambah.Semakin lama perjalanan Anda ke kantor makan semakin lama pula Anda berada dalam posisi duduk. Hal itu tentunya jadi tambahan beban sebelum Anda akrab dengan kursi kerja selama berjam-jam.

    4. Pesta di kantor

    via telegraph.co.uk

    Jika lingkungan kerja Anda adalah tipe yang selalu merayakan ulang tahun rekan kerja setiap tahunnya, maka bersiap-siaplah mengucapkan selamat tinggal pada tubuh ramping. Dari hasil survei yang dilakukan, perayaan ulang tahun di kantor turut berkontribusi atas naiknya berat badan saat di kantor. Karena makanan yang disediakan mencakup makanan yang mengandung lemak dan gula.

    5. Kerja larut malam

    via retrofact.com

    Pekerja yang menghabiskan waktunya hingga larut malam untuk bekerja juga berisiko mengalami kenaikan berat badan karena jadwal tidur yang kurang. Dalam studi yang dilakukan University of Pennsylvania tahun 2013 silam mengungkapkan, orang dewasa yang hanya mendapat durasi tidur empat jam dalam lima malam berturut-turut akan mendapatkan berat badan lebih daripada mereka yang mendapat waktu tidur hingga delapan jam tiap malamnya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES