1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    28 Januari 2015 15:20

    Fakta Menarik di Balik `Ancaman` MSG

    Jika dikonsumsi dengan benar, MSG tidak terbukti merusak kesehatan.

    Feed - Monosodium glutamate (MSG) atau yang akrab disebut vetsin rupanya tidak sepenuhnya berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

    Nyatanya, penelitian baru yang dilakukan Takashi Sasano dan peneliti lain di Universitas Tohoku di Sendai, Jepang membuktikan, beberapa orang khusunya yang berusia lanjut membutuhkan MSG untuk kelangsungan hidupnya.

    Hal ini terjadi karena MSG itu memiliki cita rasa yang disebut Umami atau secara populer merujuk pada rasa gurih atau lezat. Dengan masuknya rasa Umami, MSG memiliki peran penting untuk menunjuang kesehatan manusia. Dan tentunya jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Berikut manfaat kesehatan tersembunyi MSG.

    1. Mencerna protein lebih cepat

    via healthtap.com

    MSG adalah gabungan dari garam, asam amino glutamat, dan air. Dari penelitian yang dilakukan pada athun 2008, Prof Dr Ir H Hardinsyah MS, ahli nutrisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bahwa, peran MSG bagi kesehatan adalan untuk MSG untuk mencerna protein lebih cepat.

    Dia mengatakan glutamat dalam bentuk apapun, tidak terbukti merusak kesehatan jika dikonsumsi secara benar. Hal itu disebabkan karena kandungan dalam MSG juga diproduksi di dalam tubuh sehingga cukup memiliki manfaat bagi tubuh. Baca selengkapnya Manfaat Sehat MSG.

    2. Memaksimalkan Kerja Otak

    via viva.co.id

    Salah satu peran MSG adalah sebagai antioksidan alami (glutathione) yang punya peran penting sebagai neuro yang dibutuhkan kalium membentuk keseimbangan.

    Dengan begitu, kerja otak manusia akan bekerja lebih baik berkat keberadaan MSG atau glutamate. Baca selengkapnya Manfaat Sehat MSG.

    3. Merangsang Nafsu Makan

    via detik.com

    Penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan bahwa orang yang sudah menginjak usia tua kehilangan kemampuan untuk mendapatkan cita rasa umami. Sehingga membuat sebagian orang kehilangan nafsu makan dan berat yang berujung pada kondisi buruk kesehatan manusia.

    Maka peran MSG yang punya cita rasa gurih dan lezat mampu meningkatkan rasa makanan dan membantu merangsang nafsu makan pada orang tua. Baca selengkapnya Manfaat Sehat MSG.

    4. Membantu Pencernaan Dalam Usus

    via oneenergize.com

    Peran MSG juga baik ketika masuk dalam usus manusia yang menunjukkan bahwa rasa gurih punya khasiat dalam memberi nutrisi dan modulasi pencernaan di usus. Dengan begitu, kesehatan manusia khususnya orang tua bisa lebih sehat. Baca selengkapnya Manfaat Sehat MSG. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES