1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SEJARAH


  8. Reporter : Zika    19 Februari 2015 13:00

    Serba-Serbi Si Amplop Merah

    Dari balik angpau ini juga tersimpan banyak nilai budaya Tionghoa.

    Feed - Amplop merah berisi uang menjadi hal lumrah saat Tahun Baru China. Angpau, demikian amplop merah itu disebut, merupakan bentuk amal seseorang yang sudah berkeluarga. Dari balik angpau ini juga tersimpan banyak nilai budaya Tionghoa. Mari intip serba-serbi si amplop kecil pembawa duit seperti dilansir dari China Highlights.

    via www.cute-calendar.com

    1. Merah
    Warga Tionghoa menganggap merah sebagai simbol energi, kebahagiaan, dan nasib baik. Dan memberikan amplop berwarna merah merupakan cara mereka mengirim hal-hal tersebut pada orang tersayang. Ditegaskan bahwa yang paling penting adalah nilai warna merahnya, bukan jumlah uang yang ada di dalam. Maka itu tabu untuk membuka angpau di depan orang yang memberikannya.

    2. "Uang hantu"
    Angpau dalam Bahasa China disebut yasui qian (压岁钱 /yaa-sway chyen/) yang berarti "menahan uang hantu". Mereka yang menerimanya didoakan akan mengalami tahun baru yang baik secara aman dan tenang.

    via www.growwithmeboutique.com

    3. Berkah
    Angpau menjadi cara bagi seseorang untuk berbagi berkah, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja. Maka itu isi angpau pun harus disesuaikan dengan kemampuannya. Tapi bagi mereka yang sudah bekerja namun belum menikah, maka harus membagi angpaunya pada mereka yang membutuhkan.

    4. Beda sebutan
    Angpau memiliki banyak sebutan. Ia disebut hongbaoin dalam Bahasa Mandarin, namun disebut lai seein dalam Bahasa Kanton.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES