1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    10 Agustus 2015 16:36

    5 Kanker Pembunuh Utama Kaum Pria

    Dari kesemua ragam kanker, ternyata ada lima kanker yang dianggap sebagai pembunuh utama untuk kaum pria.

    Feed - Angka pengidap kanker ternyata lebih berat untuk kaum pria dibanding wanita. Seperti dikutip dari Abouthealth.com, angka kematian kanker pada pria mencapai 207.9 per 100 ribu pria. Sementara angka kematian pada wanita hanya mencapai 145.4 per 100 ribu wanita. Malah pada tahun 2015 ini diperkirakan akan 312.150 pria yang akan meninggal dunia karena kanker.

    Dari kesemua ragam kanker, ternyata ada lima kanker yang dianggap sebagai pembunuh utama untuk kaum pria. Di antaranya adalah:

    Kanker paru-paru
    Ini adalah kanker pembunuh pertama bagi kaum Adam. Kanker ini lebih mematikan dibanding kanker prostat, kanker kolorektal, dan kanker pankreas digabung menjadi satu. Kanker ini diprediksi akan bertanggung jawab atas 86.380 keamatian di AS di tahun 2015.

    Kanker prostat
    Kanker ini bertanggung jawab sebagai kanker pembunuh kedua untuk kaum pria di AS. Diperkirakan akan ada 27.530 kematian di tahun 2015 yang disebabkan olehnya. Meski demikian, peluang hidup lima tahun pertama bagi pengidap kanker prostat mencapai angka 99 persen dibanding kanker paru yang hanya 16 -17 persen.

    Kanker kolorektal
    Angka kematian akibat kanker ini sebenarnya bisa ditekan dengan adanya pemeriksaan awal. Kebanyakan dari kaum pria disarankan mulai memeriksakan dirinya di usia 50 tahun kecuali ada bakat keturunan kanker dalam keluarga.

    Kanker pankreas
    Gejala kanker pankreas biasanya tidak begitu spesifik dan bisa disebabkan oleh banyak kondisi. Termasuk perubahan warna kulit menjadi kuning, gatal, kehilangan berat badan tanpa ada penyebab jelas, tidak ada selera makan, dan sakit di bagian perut.

    Kanker hati
    Penyebab kanker hati disebabkan oleh beberapa faktor, seperti konsumsi alkohol, infeksi hepatitis B dan C, atau pun sindrom herediter dikenal sebagai hemochromatosis. Gejalanya pun diketahui agak mirip dengan kanker pankreas.

    Baca juga:

    3 Kanker Musuh Utama Wanita Selain Kanker Payudara

    Gejala Kanker Payudara Ini Wajib Diketahui Kaum Hawa 

    Ciri-Ciri Kanker Leher Rahim

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES