1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    18 Desember 2014 10:30

    Alat Medis Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

    Ada yang untuk melubangi tengorak, mencapit gigi, hingga melebarkan leher rahim perempuan. Alat medis ini bikin ogah pergi ke rumah sakit

    Feed - Kini ilmu kedokteran telah melaju pesat dengan teknologi mutahir di sekelilingnya. Nanobot contohnya. Robot mungil seukuran mikroskopis ini jadi teknologi medis di masa depan, yang dibuat untuk membantu melakukan operasi halus.

    Tapi jauh sebelum itu, manusia pernah menciptakan alat kedokteran yang luar biasa mengerikan. Bentuk dan fungsinya tak dapat diterima dengan nalar.

    Ada yang untuk melubangi tengorak, mencapit gigi, hingga melebarkan leher rahim. Alat medis ini dijamin bikin ogah pergi ke rumah sakit. Berikut alat medis paling mengerikan sepanjang sejarah.

    1. Trephine

    Trephine via mirror.co.uk

    Trephine adalah instrumen bedah dengan pisau silinder. Alat ini biasa digunakan untuk melubangi tengkorak. Baca selengkapnya di Trephine.

    2. Dental Key

    Dental Key via library.osu.edu

    Jaman dulu ilmu kedokteran soal gigi masih jauh dari kata baik. Dengan menggunakan Dental Key ini dokter gigi dapat menjepit gigi pasien dengan semacam pencapit yang ada pada ujung alat ini. Dengan menggoyangkan atau memutar instrumen ini, gigi dapat dicabut dari akarnya, tanpa anestesi. Baca selengkapnya di Dental key.

    3. Artificial Leech

    Artificial Leech via sciencemuseum.org.uk

    Cara bekerja alat ini menyerupai lintah. Biasanya alat ini digunakan untuk operasi mata dan teling. Pisau yang berputar akan memotong luka di kulit pasien, sedangkan silinder akan digunakan untuk menghasilkan vakum yang akan menyedot darah. Baca selengkapnya di Artificial Leech.

    4. Osteotome

    Osteotome via collectmedicalantiques.com

    Alat ini ditemukan oleh Bernard Heine sekitar tahun 1830-an. Bentuknya seperti gergaji yang digunakan untuk mengebor lubang kecil ke dalam tengkorak. Bagian yang tajam didorong ke tengkorak pasien dan dokter bisa memutar pegangan agar bisa menembus otak pasien. Baca selengkapnya di Osteotome.

    5. Cervical Dilator

    Cervical Dilator via himetop.wikidot.com

    Cervical Dilator digunakan untuk melebarkan leher rahim perempuan selama persalinan. Bahayanya, alat ini dapat menyebabkan leher rahim sobek. Rahim dapat diperlebar sesuai dengan ukuran melalu gagang. Baca selengkapnya di Cervical Dilator.

    6. Tonsil Guillotine

    Tonsil via surgicaltechnologists.net

    Punya cara kerja menyerupai pisau guillotine, alat ini berfungsi untuk mengikis amandel. Tonsil akan mengiris amandel yang terinfeksi. Baca selengkapnya di Tonsil Guillotine. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES