1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. E
  6.  » 
  7. ENTERTAINMENT


  8. Reporter : Indra    16 Desember 2014 16:49

    Tren Artis `Bajak` Televisi: Dari Nikah Sampai Persalinan

    Tak memiliki nilai edukasi hingga merebut hak masyarakat jadi alasan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melayangkan teguran pada beberapa pihak stasiun televisi.

    Feed - Kabar bahagia memang selayaknya disebarluaskan. Namun belakangan ini muncul tren baru dari kalangan para selebritis Tanah Air. Tren yang menayangkan pernikahan secara live atau langsung di televisi nasional.

    Entah mengadopsi budaya dari mana, yang jelas aksi 'membajak' stasiun televisi itu menimbulkan kontroversi di mata publik. 

    Bahkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengeluarkan teguran kepada beberapa acara itu. Alasannya, tak memiliki nilai edukasi dan merebut frekuensi siar masyarakat. Karena frekuensi yang digunakan merupakan milik publik. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

    1. Eko Patrio dan Viona Rosalina

    Eko dan Viona via kapanlagi.com

    Pernikahan komedian Eko Patrio dengan Viona Rosalina pada tahun 2001 silam disiarkan secara langsung Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) atau yang sekarang berganti nama menjadi MNC TV.

    Pernikahan keduanya tak hanya membuat heboh Tanah Air, melainkan juga membuat jengkel para penggila bola. Pasalnya, pertandingan liga Inggris yang harusnya tayang harus `digusur` menjadi acara pernikahan. Baca selengkapnya di Pernikahan Eko dan Viona.

    2. Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty

    Andhika dan Ussy via jpnn.com

    Pernikahan Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty yang dilangsungkan pada tanggal 21 Januari 2012 lalu disiarkan langsung oleh stasiun SCTV. Bukan hanya akad nikah yang disiarkan, tetapi juga persiapan sebelum menikah. Baca selengkapnya di Pernikahan Andhika dan Ussy.

    3. Olla Ramlan dan Muhammad Aufar

    Olla dan Aufar via kapanlagi.com

    Presenter Olla Ramlan dan Muhammad Aufar Hutapea yang melangsungkan akad nikah pada tanggal 20 Desember 2012 di Masjid Kubah Mas, Depok juga disiarkan langsung di dua stasiun televise, yakni Trans 7 dan RCTI.

    Ini meruapkan pernikahan kedua bagi Olla yang sebelumnya pernah menikah dengan Alex Tian dan bercerai pada 2010. Baca selengkapnya di Pernikahan Olla dan Aufar.

    4. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

    Raffi dan Nagita via iberita.com

    Oktober 2014 lalu secara resmi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur tayangan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan program siaran "Janji Suci Raffi dan Nagita".

    Pernikahan yang disiarkan langsung di Trans TV dianggap bukan untuk kepentingan publik dan tidak memberikan manfaat kepada publik sebagai pemilik utuh frekuensi. Baca selengkapnya di Pernikahan Raffi dan Nagita.

    5. Anang Hermansyah dan Ashanty

    Anang via kapanlagi.com

    Senasib dengan Raffi Ahmad, tayangan persalinan Ashanty yang disiarkan secara langsung di RCTI beberapa hari lalu juga menuai banyak kecaman.

    Program itu disiarkan dalam durasi waktu siar yang tidak wajar, serta tidak memberikan manfaat kepada publik sebagai pemilik utuh frekuensi.

    Selasa 12 Desember 2014, teguran tertulis dari KPI dilayangkan langsung kepada RCTI. RCTI diminta untuk tidak menayangkan kembali di kemudian hari.

    Ini merupakan siaran langsung kedua bagi Anang dan Ashanty. Saat resepsi pernikahan, pesta mereka juga mendapat tayangan siaran langsung. Baca selengkapnya di Persalinan Ashanty.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES