1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Zika    26 Februari 2015 16:03

    Hakikat Mengagumkan dari Secangkir Kopi

    Kopi menjadi sumber daya alam yang memiliki dampak luas di muka bumi.

    Feed - Kopi, sebagai salah satu minuman paling sering dikonsumsi di dunia, memiliki cerita yang mengagumkan. Selain berstatus sebagai komoditas kedua yang paling sering diperdagangkan, kopi menjadi sumber daya alam yang memiliki dampak luas di muka bumi. Lihat hakikat mengagumkan lainnya dari kopi dalam lima fakta berikut.

    via wakeup-world.com

    Bertaruh nyawa demi kopi
    Pencurian kopi besar-besaran terjadi di Kenya --negara yang satu kilogram kopi keringnya lebih bernilai daripada gaji pekerja selama sepekan. Pencurian dilakukan oleh geng bersenjata hingga memaksa aparat kepolisian menambah penjagaan terhadap kebun-kebun yang tengah panen. Petani kopi pun dipaksa banting-tulang untuk menjaga kopi mereka dengan cara menginap di kebun.

    via www.legalweek.com

    Kecanduan kafein
    Kopi memang mengandung kafein, namun dibutuhkan 100 gelas kopi agar tubuh kolaps akibat keracunan akannya. Meski demikian, jangan mengecilkan dampak dari kafein yang terlalu banyak pada tubuh. Seorang gadis di Inggris masuk Rumah Sakit setelah meminum tujuh gelas double espresso. Ia mengalami mood yang berubah-ubah, meningkatnya suhu tubuh dan detak jantung.

    via duniahewan.info

    Kafein menarik lebah
    Para peneliti yakin lebah yang mengonsumi kafein akan meningkat memori jangka panjangnya. Kafein ini akan menghasilkan reaksi di otak lebah agar terus mengingat bunga yang sama dan akan kembali lagi. Ini berguna untuk kelangsungan hidup si bunga karena menjadikan lebah sebagai perantara serbuk sari.

    Michael Breach via mirror.co.uk

    Kompetisi menghias latte
    Dalam ajang World Coffee Event di Nice, Prancis, tahun 2013 silam, diperlombakan seni menghias kopi latte. Mereka yang berkompetisi hanya boleh menggunakan susu panas dan espreso untuk menghasilkan karya di dalam secangkir kopi. Hasilnya luar biasa, para seniman latte ini menciptakan naga, karakter kartun, hingga boneka teddy bear.

    via www.rameccoffee.com

    Kontaminasi kopi
    Ochratoxin merupakan racun yang dihasilkan jamur Aspergillus dan Penicillium dan tumbuh pada kopi. Benua Eropa mengontrol jumlah ochratoxin yang diperbolehkan, yakni lima bagian per satu miliar untuk kopi asli dan sepuluh bagian per satu miliar untuk kopi instan.

    Keberadaannya diketahui pertama kali pada tahun 1988 dan mulai berkurang pesat ketika FAO (Badan PBB untuk Makanan dan Hasil Pertanian) turut ikut memberantasnya. Kabar gembira untuk Anda pecinta kopi, ochratoxin adalah satu-satunya racun yang ditemukan dalam kopi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES