1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    15 Juli 2015 09:00

    Tips Senang-senang di Negeri Orang dengan Uang Pas-pasan

    Tak perlu pusing urusan biaya jika ingin berlibur. Dengan cara ini Anda bisa senang-senang dengan uang pas-pasan.

    Feed - Tak perlu pusing urusan biaya jika ingin berlibur dan bersenang-senang sekaligus merelaksasi suasana hati. Liburan dengan minim biaya bisa dilakukan di sejumlah wilayah. Baik domestik maupun mancanegara.

    Lalu bagaimana caranya? Berikut tips bersenang-senang di negeri orang dengan uang pas-pasan.

    1. Riset Sebelum Liburan

    Hal ini sangat penting sebelum melakukan perjalanan liburan. Coba buat beberapa perencanaan yang tepat. Jangan lupa membawa buku panduan tentang negara yang akan dituju sebagai tempat bersenang-senang.

    Lakukan beberapa riset tentang kendaraan umum, tempat makan, dan penginapan. Ini bertujuan agar mendapat harga spesial dan pastinya nggak bikin kantong cepat kosong. Baca selengkapnya di sini.

    2. Berburu Tiket Murah

    Harga tiket pesawat dari Indonesia jadi pengeluaran yang paling besar ketika hendak memutuskan berlibur ke luar negeri. Lakukanlah perburuan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya.

    Tiket promo ke sejumlah negara cukup menggiurkan untuk diburu. Dengan begitu Anda bisa menghemat uang jajan ketika sampai di negara tujuan. Baca selengkapnya di sini.

    3. Di Hostel atau 'Nebeng'?

    Memiliki kerabat di negara tujuan adalah hal yang melegakan sekaligus meringankan beban saat berlibur. Anda bisa menginap tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

    Tapi kalau tidak memiliki kerabat atau saudara, menginap di hostel bisa jadi penyelamat liburan Anda. Paling murah kalau tidurnya di dorm yang satu kamar dengan tempat tidur susun berfasilitas kamar mandi.

    Hitungan harga biasanya per tempat tidur untuk satu malam. Memesannya pun dianjurkan dilakukan sejak jauh-jauh hari, sehingga akan memudahkan ketika sudah sampai di negara tujuan. Baca selengkapnya di sini.

    4. Makanan Kaki Lima

    Makan di restoran mahal tidak terlalu penting untuk tipe liburan nekat seperti ini. Solusinya membeli makan di kaki lima. Untuk ukuran orang Indonesia, jajanan pinggir jalan cukup mengenyangkan dengan pilihan sosis, burger, kebab, crepes dengan porsi besar.

    Selain itu kalau Anda juga bisa manfaatkan hostel yang menyediakan paket sarapan atau makan malam dengan harga murah. Baca selengkapnya di sini.

    5. Pergilah Selama Masih Muda

    Kalau Anda menjadikan negara-negara di Eropa sebagai tujuan liburan, umur bisa sangat membantu meringankan beban biaya di sana. Kalau masih berusia kurang dari 25 tahun maka akan mendapat diskon 35% untuk Eurail Pass. Dan kalau masih bersekolah kartu pelajar bisa sangat berfungsi, dengan kartu itu kamu bisa dapat diskon sampai 50% di museum dan objek wisata lainnya.

    Yang menyenangkannya lagi, kategori pelajar di sana tidak terbatas untuk SMA saja, tapi juga untuk pelajar S1, S2 dan S3. Jadi meskipun sudah berumur, kemungkinan murah masih ada, asal berstatus pelajar.

    Namun sayangnya, tidak semua tempat menerima kartu pelajar Indonesia, maka dari sekarang buatlah kartu ISIC (International Student Identity Card). Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES