1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    15 Juli 2015 18:00

    Landas Pacu Paling Ekstrem Sejagat

    Landasan ini memperlihatkan bahwa sebuah landasan pacu tak melulu punya tingkat keamanan tinggi.

    Feed - Jadi tempat landasan pacu pesawat, bandara harusnya punya ruang yang lebih besar dan jauh dari pemukiman atau keramaian manusia. Tapi gambar di bawah ini memperlihatkan bahwa sebuah landasan pacu tak melulu punya tingkat keamanan tinggi. Bahkan bisa membahayakan nyawa manusianya.

    Ada yang dekat pantai, ada juga yang melintas di jalan raya umum berhadapan langsung dengan pengendara mobil. Berikut bandara paling berbahaya di dunia.

    1. Gibraltar Airport, Gibraltar

    Bandara Internasional Gibraltar adalah satu-satunya bandara besar di dunia yang satu lintasan dengan jalan raya. Hal ini bisa terjadi karena faktor sejarah dan perkembangan ekonomi.

    Karena letaknya berbatasan dengan negara Spanyol, jalan raya yang dibangun mau tidak mau harus memotong bandara Gilbraltar. Setiap kali pesawat akan mendarat atau lepas landas, jalan ini akan ditutup selama 10 menit. Baca selengkapnya di sini.

    2. Courchevel Airport, Pegunungan Alpen, Prancis

    Courchevel merupakan nama desa kecil tempat olahraga ski di pegunungan Alpen, Prancis. Desa ini memiliki bandara dengan nama yang sama. Bukan cuma unik, letak bandara ini juga terbilang cukup ekstrem.

    Pendeknya landasan yang hanya 525 m serta kemiringannya mencapai 18,5 derajat jadi kendala para pilot saat mendarat di landasan yang menanjak. Dari keunikan dan ektrimnya bandara ini, Courchevel pernah jadi lokasi syuting film James Bond: Tomorrow Never Dies yang dibintangi Pierce Brosnan. Baca selengkapnya di sini.

    3. Gustaf Airport III, Saint Barthelemy

    Tak kalah ekstrem dengan bandara lain, Bandara kecil Gustaf III di pulau Karibia Saint Barthélemy juga punya suasana yang bisa buat jatung berpacu dengan kencang.

    Landasan pacu disini dibangun dengan sangat pendek. Bahayanya, pesawat yang hendak mendarat selalu dihantui dengan kokohnya lereng dataran tinggi. Jika pilot tidak pandai betul dan kurang akurat melakukan pendaratan, pesawat bisa menghantam lereng sebelum jatuh ke laut. Baca selengkapnya di sini.

    4. Princess Juliana Aiport, Saint Martin, Belanda

    Cuma di bandara ini Anda bisa merasakan sensasi berjemur sambil menikmati semburan pesawat jet. Bandara Princess Juliana namanya. Terletak di Karibia, bandara ini punya panjang landasan 2.349 meter dan lebar 45 meter. Meski begitu, landasan ini sering kali jadi tempat wara-wiri pesawat besar seperti Boeing 747-400.

    Karena letaknya di dekat pantai, pesawat besar yang melintas jadi panorama tak biasa bagi wisatawan yang asyik berjemur. Pesawat terbang rendah di atas kepala memberi pengalaman baru di bibir pantai. Baca selengkapnya di sini.

    5. Bandara Kai Tak, Hongkong

    Bandara Kai Tak di Hongkong di kategorikan sebagai Bandara berbahaya. Kai Tak adalah bandara utama Hong Kong hingga tahun 1998 dengan 12 kecelakaan udara dan 270 orang tewas per tahun pada 1996.

    Peristiwa nahas kala itu ketika pesawat Hercules milik Marinis AS terjun ke pelabuhan lepas landas pada tahun 1965, menewaskan 59 penumpang. Karena tidak ada jaminan keselamatan, Bandara Kai Tak akhirnya ditutup pada 1998. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES