1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    26 Januari 2015 13:06

    Efek Samping Mengunyah Permen Karet

    Permen karet bisa merubah bentuk wajah Anda.

    Feed - Kenyal, bercita rasa buah, dan bisa dibuat gelembung. Tidak ada yang bisa menganulir asyiknya mengunyah permen karet.

    Banyak orang yang menganggap permen karet kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal itu terjadi karena permen ini rendah kalori, mampu menekan nafsu makan, dan dapat membantu mengurangi stress.

    Tak ada yang sadar, asyiknya mengunyah permen karet ternyata bisa berakibat buruk bagi kondisi tubuh manusia. Seperti yang dilansir healthmeup.com, penelitian terbaru terkait efek samping mengunyah permen karet membuktikan bisa membawa petaka.

    Gangguan pencernaan, merusak gigi, hingga menghambat pertumbuhan merupakan penyakit yang siap menyerang pengunyah permen karet. Berikut adalah efek samping mengunyah permen karet.

    1. Memancing makan junk food

    via homeboyzradio.co.ke

    Sebuah studi memaparkan permen karet dengan cita rasa mint bisa menjauhkan seseorang untuk menolak asupan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Hal itu terjadi karena rasa mint yang melekat menyebabkan buah-buahan dan sayuran terasa pahit, sehingga menyebabkan orang untuk memilih opsi makanan tidak sehat. via healthmeup.com.

    2. Gangguan sendi rahang

    via merdeka.com

    Terlalu sering mengunyah permen karet fatal akibatnya untuk otot dan persendian manusia. Gangguan sendi temporomandibular (TMJ) jadi masalah kesehatan yang akan mengintai Anda. Nantinya Anda akan merasakan nyeri pada otot dan sendi yang menghubungkan tulang rahang ke tengkorak Anda. via healthmeup.com.

    3. Menyebabkan masalah pencernaan

    via duniafitnes.com

    Kegiatan mengunyah akan lebih sering Anda lakukan ketika permen karet sudah masuk ke dalam mulut. Kegiatan tersebut pastinya akan membuat Anda lebih banyak menelan udara.

    Hal tersebut kurang baik bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan sakit perut dan kembung yang berujung mengakibatkan masalah pencernaan.

    Selain itu, permen karet juga punya kandungan pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol yang dapat menyebabkan diare. via healthmeup.com.

    4. Merusak gigi

    via webmd.com

    Gula yang terkandung dalam permen karet itu mudah menempel di gigi. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, zat gula akan tertinggal dan membawa kondisi gigi anda mengalami kebusukan. via healthmeup.com.

    5. Menghambat Pertumbuhan

    via geebeauty.com

    Hati-hati bagi Anda yang masih menginjak usia remaja. Karena mengunyah permen karet selama masa puber bisa membuat bentuk wajah tidak teratur di masa dewasa. Hal ini disebabkan karena kegiatan mengunyah permen karet merangsang tulang rahang dan otot-otot wajah yang membuat bentuk wajah lebih besar. via healthmeup.com. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES